Resep dan Cara Membuat Perkedel Kentang Daging Cincang Spesial

Resep Perkedel Kentang Daging Cincang - Salah satu olahan kentang yang cukup populer di negara kita adalah perkedel kentang. Makanan ini lazim di temui di rumah-rumah makan mulai dari warung pinggiran hingga rumah makan kelas menengah.

Selain mudah dibuat, perkedel kentang juga memiliki cita rasa yang enak. Apalagi jika dikombinasikan dengan bahan-bahan seperti daging ataupun kornet, maka rasanya dijamin mantap.
Resep Perkedel Kentang Daging Cincang Spesial, Cara Membuat Perkedel Kentang Daging Cincang Spesial
Perkedel Kentang Daging
>> Resep dan Cara Membuat Sambal Goreng Tempe Teri Medan
Seperti pada resep kali ini, kita akan membuat menu spesial berupa perkedel kentang yang dipadukan dengan daging cincang. Cara membuat perkedel kentang daging cincang ini tidak jauh berbeda dengan membuat perkedel biasa pada umumnya. Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak selengkapnya!

Resep Perkedel Kentang Daging Cincang Spesial

Sebetulnya, tidak ada batasan jenis kentang apa yang bisa dijadikan bahan baku perkedel. Namun yang paling ideal, biasanya kebanyakan menggunakan kentang sayur. Karena selain mudah didapat dan harganya relatif murah, kentang sayur rasanya enak dan teksturnya lembut.

Untuk lebih jelasnya, yuk kita tengok bahan apa saja yang perlu kita persiapkan untuk resep perkedel kentang daging cincang kali ini. Sekalian simak juga cara membuat perkedel kentang daging cincang melalui step by step yang akan kita ulas dibawah ini.
>> Resep dan Cara Membuat Sambal Goreng Kentang Pedas Gurih

Bahan Resep Perkedel Kentang Daging Cincang

  1. 250 gr daging cincang
  2. 500 gr kentang
  3. 2 sdm tepung panir
  4. 2 sdm bawang goreng
  5. 2 btg seledri, rajang halus
  6. 2 btg daun bawang, rajang halus
  7. 3 siung bawang merah, iris halus
  8. 2 siung bawang putih, cincang halus
  9. 2 btr kuning telur
  10. pala bubuk secukupnya
  11. lada bubuk secukupnya
  12. kaldu bubuk secukupnya
  13. garam secukupnya
  14. minyak untuk menumis

Bahan Pencelup

  1. 2 putih telur

Cara Membuat Perkedel Kentang Daging Cincang

  1. Siapkan dagingnya, agar lebih mantap, kita masak dagingnya terlebih dahulu. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga matang dan harum. Masukkan daging cincang, aduk hingga daging berubah warna.
  2. Bubuhkan garam, kaldu bubuk, pala bubuk dan lada bubuk. Aduk merata agar bumbu-bumbu menyatu dengan daging cincang. Angkat dan sisihkan dulu sementara.
  3. Kupas kentang, cuci hingga bersih. Potong kentang berbentuk dadu dengan ukuran kurang lebih sebesar 1x1 cm atau lebih besar juga tidak apa-apa.
  4. Goreng kentang hingga empuk, tidak usah lama-lama yang penting kentang cukup lunak untuk dihancurkan. Angkat kentang kemudian tiriskan.
  5. Hancurkan kentang selagi panas menggunakan ulekan. Jika ingin perkedel yang masih bertekstur, sebaiknya jangan terlalu lumat ya, biarkan kentangnya agak kasar.
  6. Campurkan kentang lumat dengan daging cincang. Masukkan juga tepung panir, bawang goreng, seledri, daun bawang dan kuning telur. Jangan lupa bubuhkan garam, kaldu bubuk dan lada bubuk secukupnya sesuai selera. Aduk hingga merata.
  7. Bentuklah adonan perkedel menjadi bulatan-bulatan sebesar ibu jari kaki kemudian pipihkan.
  8. Celupkan perkedel kedalam putih telur sesaat sebelum digoreng.
  9. Goreng perkedel kentang daging cincang hingga matang.
>> Resep dan Cara Membuat Tempe Goreng Tepung Renyah
Sangat mudah bukan? Untuk memasak kentang pada tahap awal, selain digoreng kentang juga bisa dimasak dengan cara direbus/dikukus. Hanya saja, akan lebih praktis jika kentang digoreng saja karena bisa menghemat alat masak dan tidak terlalu merepotkan. Selamat mencoba ya!
Resep dan Cara Membuat Perkedel Kentang Daging Cincang Spesial
4/ 5
Oleh