Coba Yuk, Resep Bakso Beranak Skala Rumahan Ala Qudapan

Resep Bakso Beranak Ala Rumahan - Belakangan ini tampaknya tengah populer salah satu varian bakso yang cukup unik.

Keunikannya terletak pada baksonya itu sendiri. Ya, baksonya dalam keadaan hamil, kemudian disajikan dalam keadaan beranak.

Ada-ada saja ya, tapi memang cara penyajiannya seperti itu. Dan belakangan ini, bakso beranak sedang hits di kalangan pecinta bakso dan pecinta kuliner pada umumnya.
resep bakso beranak ala rumahan, cara membuat bakso beranak ala rumahan
Bakso Beranak / instagram.com
>> Resep Seblak Cireng, Unik dan Enak
Kalian penasaran bukan? Bagaimana sih bakso beranak dibuat? Apakah ada bahan atau alat khusus untuk membuatnya?

Sebenarnya, cara membuat bakso beranak tidak jauh berbeda dengan bakso lain pada umumnya. Hanya saja memang memerlukan sedikit kreatifitas.

Proses pembuatannya terdiri dari dua tahap. Tahap pertama membuat bakso kecil-kecil sebagai 'anakannya', kemudian disatukan dalam sebuah bakso 'indukan'.

Seperti apa prosesnya? Yuk kita simak selengkapnya, kita akan membuat bakso beranak ala Qudapan!

Resep Bakso Beranak Rumahan Ala Qudapan

Bahan-Bahan

  1. 500 gr daging sapi
  2. 2-3 sdm tepung sagu tani
  3. 1 btr putih telur
  4. 2 sdm bawang goreng
  5. 2 siung bawang putih, haluskan
  6. 1 sdt pala bubuk
  7. 1 sdt lada bubuk
  8. garam secukupnya
  9. es batu yang dihancurkan, secukupnya
  10. air untuk merebus bakso
  11. telur puyuh untuk pelengkap isian (opsional)

Bahan Kuah

  1. 250 gr tulang sapi
  2. 1 sdt lada bubuk
  3. 1 sdt pala bubuk
  4. air secukupnya

Bahan Pelengkap

  1. bawang goreng untuk taburan, secukupnya
  2. irisan daun seledri, secukupnya
  3. saus sambal
  4. kecap manis
  5. garam dan kaldu bubuk secukupnya

Cara Membuat Bakso Beranak Rumahan Ala Qudapan

>> Resep Udang Telur Asin Ala Ta Wan
  1. Sebagai langkah pertama, kita siapkan kuah kaldunya dulu. Cuci tulang sapi hingga bersih, kemudian rebus tulang sapi hingga mendidih, setelah mendidih kita kecilkan api hingga level paling kecil. Biarkan selama minimal satu jam agar kaldunya keluar, sementara kita membuat bakso dan mempersiapkan yang lainnya.
  2. Potong daging sapi berbentuk kotak-kotak kecil, pisahkan daging dari lemak dan jaringan kerasnya. Masukkan potongan daging sapi kedalam freezer selama kurang lebih 30 menit, setelah itu baru keluarkan lagi.
  3. Giling daging sapi dalam food processor bersama dengan bawang putih, bawang goreng dan satu sendok makan es batu yang sudah dihancurkan. Jika tidak ada food processor, bisa menggunakan blender biasa. Jika menggunakan blender, pastikan daging sapi sudah bersih dari jaringan keras (berbentuk tipis seperti kulit ari berwarna putih keperakan). Jika tidak bersih, jaringan ini akan membuat pisau blender macet karena cukup keras dan susah hancur.
  4. Setelah daging sapi lumat, masukkan tepung sagu, putih telur, pala bubuk, lada bubuk dan garam secukupnya. Aduk merata hingga membentuk adonan yang lunak (agak lembek) dan mudah dibentuk.
  5. Masukkan lagi adonan kedalam freezer selama kurang lebih 20-30 menit. Adonan bakso harus tetap dingin agar tekstur bakso bisa 'kress' dan kenyal. Setelah adonan dingin, keluarkan lagi.
  6. Panaskan air untuk merebus bakso hingga mendidih. Setelah mendidih, kecilkan pada level paling kecil.
  7. Bentuklah adonan bakso menjadi pentolan-pentolan bakso kecil. Caranya, ambil adonan bakso dan remas menggunakan tangan. Adonan yang menyembul diantara jempol dan telunjuk kita ambil menggunakan sendok dan langsung cemplungkan kedalam air panas. Buat beberapa buah sebagai bahan isian bakso induk nantinya.
  8. Biarkan bakso kecil hingga matang dan mengapung. Angkat dan tiriskan bakso kecil.
  9. Selanjutnya membuat bakso induk. Ambil mankok kecil yang cekungannya agak membulat, olesi dengan sedikit minyak goreng. Masukkan dan ratakan adonan bakso mengikuti cekungan mangkok, masukkan bakso-bakso kecil dan telur puyuh sebagai isian, tutup lagi dengan adonan bakso. Ratakan pinggirannya menggunakan sendok sambil dicopotkan dari mangkok, segera ceburkan kedalam air mendidih. Buat lagi dengan langkah yang sama terhadap sisa adonan.
  10. Rebus bakso indukan hingga matang dan mengapung. Angkat, tiriskan.
  11. Saatnya menengok kuah kaldu. Bumbui kuah kaldu dengan pala bubuk dan lada bubuk, aduk rata.
  12. Untuk menyajikan bakso, rebus beberapa saat bakso indukan dalam kuah kaldunya. Setelah itu sajikan dalam mangkok bersama dengan bumbu-bumbu seperti garam, kaldu bubuk, serta bahan pengkap seperti bawang goreng, irisan daun seledri, serta saus dan kecap manis.
  13. Belah bakso hingga beranak, nikmati selagi panas.
loading...
Coba Yuk, Resep Bakso Beranak Skala Rumahan Ala Qudapan
4/ 5
Oleh