Resep dan Cara Membuat Kue Putri Salju Sederhana yang Renyah Lembut

Resep Kue Putri Salju Sederhana - Kalian pasti sudah pada tahu ya, apa itu kue putri salju. Kue ini biasanya menjadi pengisi toples-toples di setiap rumah kala hari raya Idul Fitri. Dan memang, kue ini bisa dibilang populer setahun sekali, namun tidak ada salahnya juga kita menguasai resep kue putri salju spesial meskipun tidak sedang dalam suasana lebaran ya.
Resep Kue Putri Salju Sederhana, Cara Membuat Kue Putri Salju Sederhana
gambar : kuekeringlebaran.blogdetik.com
Kue putri salju merupakan kue yang berbahan dasar terigu, dengan komposisi yang pas kue ini memiliki tekstur lembut dan garing. Cara membuat kue putri salju sederhana agar menjadi ringan dan garing, kunci utamanya tentu berada pada mentega. Memperbanyak mentega pada bahan atau resep kue putri salju lembut dengan takaran minimal satu mentega berbanding satu tepung terigu maka akan didapatkan tekstur kue salju yang ringan dan renyah.

Jika ingin lebih padat maka gunakan tepung terigu yang lebih banyak dari mentega atau ganti mentega dengan margarin. Namun biasanya jika menggunakan margarin maka kue putri salju cenderung lebih asin berkat sifat bawaan margarin yang berasa asin. Semua tergantung selera, resep kue putri salju spesial tidak memiliki takaran yang harus persis seperti saat membuat cake.

Resep Kue Putri Salju Sederhana

Kue putri salju memiliki cita rasa yang gurih dengan dominasi rasa manis dan sedikit asin. Disini kita akan menggunakan mentega maka untuk memperolah rasa gurih kalian bisa menambahkan sedikit garam. Namun jika kalian memilih menggunakan margarin, kalian tidak usah menambahkan garam karena memang rasanya sudah asin. Berikut bahan-bahan yang perlu kita persiapkan untuk membuat kue putri salju.

Bahan Resep Kue Putri Salju Sederhana

  1. 200 gr tepung terigu protein rendah
  2. 250 gr mentega (atau margarin)
  3. 75 gr tepung maizena
  4. 50 gr gula halus
  5. 50 gr susu bubuk
  6. 50 gr keju cheddar parut
  7. 3 btr kuning telur
  8. 1/4 sdt garam
  9. 1/4 sdt vanili bubuk
  10. gula tepung untuk topping

Cara Membuat Kue Putri Salju Sederhana

  1. Agar tidak lama menunggu, siapkan oven terlebih dahulu. Panaskan dengan api sedang (160C) jika menggunakan oven biasa.
  2. Ayak tepung terigu, tepung maizena dan susu bubuk, sisihkan. Tujuannya agar tepung tercampur merata dan tak usah lama-lama mengaduk adonan.
  3. Kocok telur bersama dengan mentega, gula halus, garam dan vanili bubuk hingga tercampur dan kaku.
  4. Masukkan campuran tepung beserta susu dan parutan keju. Aduk rata menggunakan spatula hingga benar-benar tercampur dan adonan tidak lengket.
  5. Siapkan kertas roti atau bisa juga menggunakan plastik untuk mengalasi adonan.
  6. Pipihkan adonan hingga ketebalan kurang lebih 1 cm.
  7. Cetak adonan menggunakan cetakan 'pond' putri salju, cetak hingga adonan habis.
  8. Siapkan loyang, olesi dengan margarin dan alasi dengan kertas roti.
  9. Tata kue putri salju didalam loyang dan panggang dengan suhu kurang lebih 160C selama kurang lebih 15 menit atau hingga permukaan kue berwarna keemasan.
  10. Setelah matang segera keluarkan dari oven dan dinginkan.
  11. Setelah dingin taburi dengan gula tepung dan tata kedalam toples.
Cara membuat kue putri salju sederhana dengan hasil yang cantik yaitu dengan menjaga suhu oven agar tidak panas berlebihan. Selain itu, perhatikan proses pemanggangan, jangan terlalu lama memanggang karena natinya kue putri salju akan berwarna kecoklatan dan menjadi kurang cantik.

Jika resep kue putri salju sederhana ini biasanya dibahas setahun sekali, maka tidak ada salahnya juga jika kita membuatnya kapan saja selagi ada kesempatan. Itung-itung berlatih membuat kue serta membuat stok cemilan untuk teman bersantai. Semoga bermanfaat ya!

Simak Resep Menarik Lainnya Berikut Ini!

Resep Es Shanghai Komplit Mantap
Resep Es Jagung Manis Biji Selasih
Resep Puding Jagung Manis Spesial
Resep Gulab Jamun Makanan Khas India
Resep Faloodeh Khas Asia Selatan
Resep Kolak Biji Salak Ubi Ungu
Resep dan Cara Membuat Kue Putri Salju Sederhana yang Renyah Lembut
4/ 5
Oleh