Resep Membuat Brownies Kukus Lapis Ubi Ungu Dengan Topping Keju

Resep dan Cara Membuat Brownies Kukus Lapis Ubi Ungu - Satu lagi kreasi dari ubi ungu yang membuat saya penasaran. Ide awalnya datang dari teman yang membawa oleh-oleh khas bogor yaitu brownies lapis talas yang nampak cantik dengan rasanya yang maknyos.

Terbitlah keinginan untuk berkreasi, tapi karena saya lagi kesengsem sama ubi ungu maka idenya adalah membuat brownies lapisnya yang berbahan dasar ubi ungu.
Resep Membuat Brownies Kukus Lapis Ubi Ungu Topping Keju
sumber gambar : bisnisukm.com
Sebagai pemula dan karena percobaan pertama saya sempat gagal, browniesnya bantat tapi karena doyan ya tetep abis juga akhirnya. Usut punya usut, brownies memang kue yang tidak menggunakan pengembang layaknya kue lain dan cuma mengandalkan cake emulsifier atau biasa disebut oleh lidah awam sebagai TBM.

Ternyata ada tehnik tersendiri, jadi saat mengaduk adonan ketika mencampurkan tepung dan bahan lainnya, kocokan telur yang sudah mengembang jangan sampai kempes dan melempem. Hmm ternyata seperti itu.

Membuat Brownies Kukus Lapis Ubi Ungu Topping Keju

Brownies kukus ubi ungu memiliki penampilan yang cantik, dengan warna ungu yang cerah yang berasal dari pewarna alami yang terkandung dalam ubi ungu itu sendiri. Jadi ga usah pake pewarna buatan dan tentunya lebih sehat. Biar penampilannya makin cantik, kita bisa membuatnya menjadi dua lapisan dengan menggunakan dua adonan yang berbeda warna.

Disini saya menggunakan ubi biasa yang berwarna kuning, nanti perpaduannya menjadi lebih indah antara kuning dan ungu. Langsung saja, ini bahan-bahan yang kita perlukan untuk membuat brownies kukus lapis ubi ungu.

Bahan Membuat Brownies Kukus Lapis Ubi Ungu

  1. 200 gr terigu protein sedang
  2. 100 gr ubi kuning kukus, haluskan
  3. 100 gr ubi ungu kukus, haluskan
  4. 150 gr gula pasir
  5. 75 gr white cooking chocolate, lelehkan
  6. 75 gr margarin, lelehkan
  7. 75 ml santan kental
  8. 5 btr telur
  9. 1 sdt cake emulsifier/TBM
  10. 1/4 sdt garam
  11. Keju parut secukupnya untuk topping (atau sesuai selera)

Cara Membuat Brownies Lapis Ubi Ungu Topping Keju

  1. Siapkan panci kukus, isi air dan biarkan panas hingga mendidih. Sementara itu kita mempersiapkan adonan browniesnya.
  2. Kocok telur bersama dengan gula pasir dan cake emulsifier hingga mengembang.
  3. Masukkan tepung terigu, aduk pelan-pelan. Masukkan lagi santan, white cooking chocolate, margarin dan garam. Masukkan secara bertahap sambil diaduk perlahan biar tercampur merata namun ingat jangan mengaduk terlalu kuat dan kalis karena justru nanti adonan akan menjadi kempes melempem dan hasil akhirnya brownies menjadi bantat.
  4. Saatnya membuat lapisan, bagilah adonan menjadi dua bagian, satu untuk lapisan kuning dan satu lagi untuk lapisan ungu. Masukkan ubi kuning kukus yang telah dihaluskan ke adonan yang satu dan aduk rata secara perlahan, masukkan juga ubi ungu kukus ke adonan yang satunya lagi, aduk rata juga secara perlahan.
  5. Siapkan cetakan/loyang, alasi dengan kertas roti biar tidak lengket nantinya. Tuang adonan kuning, ratakan menggunakan spatula. Kukus sebentar biar agak mengeras.
  6. Keluarkan lagi adonan kuning dari kukusan, tuang adonan ungu diatas adonan kuning yang sudah setengah matang dan lakukan dengan cepat. Masukkan lagi kedalam kukusan dan kukus sampai matang dengan perkiraan waktu kurang lebih setengah jam.
  7. Setelah matang, angkat brownies dan keluarkan dari cetakan.
  8. Olesi permukaan atasnya dengan margarin dan taburkan keju parut sebagai toppingnya (atau sesuai selera).
  9. Brownies kukus lapis ubi ungu topping keju kini siap dinikmati bersama keluarga tercinta.
Memang agak ribet ya, dan tentunya memerlukan kesabaran serta imajinasi biar menghasilkan rasa yang enak namun dengan penampilan yang cantik. Tantangannya terletak pada saat pencampuran adonan, harus cepat namun dilakukan secara lembut biar adonan tidak kempes.

Sungguh memerlukan kesabaran, namun saat kita berhasil dengan hasil yang sesuai harapan rasanya puas banget. Bagaimana? Mau coba bereksperimen menggunakan ubi ungu? Selamat berkarya dan semoga tulisan bermanfaat ya !

Simak Juga Resep Menarik Lainnya Berikut Ini

Resep Mie Ayam Kuah Kental
Resep Udang Bakar Madu Spesial
Resep Ayam Bakar Madu Spesial
Resep Masakan Gulai Dengkul Empuk
Resep Semur Tahu Tempe
Resep Pisang Goreng Kremes
Resep Membuat Brownies Kukus Lapis Ubi Ungu Dengan Topping Keju
4/ 5
Oleh