Resep Membuat Puding Ubi Ungu Lezat Nan Cantik

Resep dan Cara Membuat Puding Ubi Ungu - Satu lagi kreasi dari ubi ungu, bahan makanan tradisional yang diolah dan disajikan dengan cara modern. Saya suka ubi ungu dikarenakan warnaya yang cantik sehingga kita tidak perlu menggunakan pewarna makanan, udah gitu emang dasarnya saya suka makan ubi (maklum orang kampung, hehe).

Puding ubi ungu ini sebenarnya adalah puding biasa yang dikreasikan sedemikian rupa dengan bahan tambahan ubi ungu kukus. Untuk mempercantik penampilannya, kita bisa membuatnya dengan mengkreasikan warna lapisan yang berbeda. Dengan begitu kita bisa mendapatkan puding dengan warna yang cantik namun tetap sehat karena tanpa bahan pewarna buatan.

Membuat Puding Ubi Ungu Nan Cantik

Resep Membuat Puding Ubi Ungu Lezat Nan Cantik
gambar : tanpatelur.blogspot.com
Sebagai bahan bereksperimen, kita akan mencoba menggunakan dua warna sehingga nantinya didapatkan dua lapisan, yaitu warna putih dan warna ungu. Untuk membuat lapisan warna putih, kita akan menggunakan susu beserta tepung beras atau tepung maizena dikarenakan kalau susu saja hasilnya nanti kurang empuk/kenyal dan cenderung terasa seperti agar-agar konvensional, dan warna ungunya tentu saja dari ubi ungu. Berikut adalah bahan-bahan yang kita perlukan untuk membuat puding ubi ungu.

Bahan-bahan Membuat Puding Ubi Ungu

Lapisan Putih

  1. 1/2 bks agar-agar plain
  2. 50 gr gula pasir (atau sesuai selera)
  3. 50 gr tepung beras/tepung maizena
  4. 50 ml susu kental manis
  5. 50 ml santan
  6. 1/4 sdt vanili bubuk (opsional)
  7. 1/4 sdt garam
  8. 200 ml air (1 gelas)

Lapisan Ungu

  1. 1 bks agar-agar plain
  2. 100 gr ubi ungu kukus, haluskan
  3. 100 gr gula pasir, atau sesuai selera
  4. 50 ml santan
  5. 1/2 sdt vanili bubuk (opsional)
  6. 500 ml air (dua setengah gelas)

Cara Membuat Puding Ubi Ungu

  1. Membuat lapisan putih : campurkan semua bahan kedalam panci dan masak hingga mendidih sambil terus diaduk. Setelah mendidih dan gula larut, angkat dan biarkan beberapa saat biar tidak terlalu panas.
  2. Tuang kedalam cetakan kira-kira seperempat sampai sepertiga dari tinggi cetakan, jika cetakannya kecil dan masih ada sisa adonan tuang kedalam cetakan lain dengan ketinggian yang sama. Sisihkan.
  3. Membuat lapisan ungu : jika ingin menghasilkan puding yang lebih lembut, ubi ungu kukus bisa diblender dulu bersama air biar lebih halus. Campurkan semua bahan lapisan ungu kedalam panci dan masak hingga mendidih sambil terus diaduk. Angkat dan biarkan beberapa saat.
  4. Ambil cetakan yang tadi sudah dituangi dengan lapisan putih, tuangkan lapisan ungu diatas lapisan putih hingga cetakan hampir penuh.
  5. Diamkan hingga puding menggumpal dan mengeras, agar lebih cepat bisa dimasukkan kedalam lemari es tapi jangan masukkan ke freezer biar tidak membeku.
  6. Puding ubi ungu nan cantik siap dihidangkan.
Kudapan ini selain cantik rasanya juga sangat enak, perpaduan antara lapisan putih yang cenderung gurih dan lapisan ungu yang cenderung manis membuat rasanya semakin top. Apalagi jika dinikmati dalam keadaan dingin dan diberi topping susu coklat beserta sirup, mmm lezat maknyuss. Penasaran ingin mencoba? Selamat berkreasi dengan puding ubi ungu ! Mungkin kalian juga ingin mencoba puding jagung manis ?

Atau Ingin Mencoba Resep Lainnya?

Resep Udang Bakar Madu Spesial
Resep Ayam Bakar Madu Spesial
Resep Masakan Gulai Dengkul Empuk
Resep Semur Tahu Tempe
Resep Pisang Goreng Kremes
Resep Donat Kentang Lembut
Resep Membuat Puding Ubi Ungu Lezat Nan Cantik
4/ 5
Oleh