Cara Membuat Coklat Lolipop Lucu Aneka Bentuk dan Karakter

Cara Membuat Coklat Lolipop - Siapa yang tidak suka dengan coklat, makanan bergengsi ini memang disukai mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Bagaimanapun, coklat tetap lezat walau cuma berbentuk batangan. Namun dengan kreatifitas kita bisa membentuk coklat menjadi berbagai bentuk dan karakter sesuai keinginan.
Cara Membuat Coklat Lolipop Lucu Aneka Bentuk dan Karakter
ilustrasi coklat lolipop hello kitty
Dengan cara ini, coklat tampil dengan lebih menarik sehingga semakin disukai oleh anak-anak. Tak hanya penampilannya yang menjadi lebih cantik, dengan dibentuk menjadi berbagai karakter, nilai jual coklat bisa menjadi lebih tinggi Apalagi jika kita memiliki pasar yang berkecimpung di seputaran produk suvenir, maka dengan mengkreasikan coklat sedemikian rupa dapat menjadi sumber penghasilan tambahan.

Cara Membuat Coklat Lolipop Lucu Aneka Bentuk dan Karakter

Dalam membuat coklat aneka bentuk dan karakter, hal yang paling utama dibutuhkan bukanlah keahlian memasak. Tetapi lebih condong pada kreatifitas. Semakin ekstrim sebuah desain coklat, maka harganya semakin mahal, jauh melampuai harga coklat itu sendiri jika dijual berdasarkan timbangan. Tentunya itu merupakan sebuah peluang usaha yang menjanjikan.

Untuk itu, kita perlu mangasah kreatifitas, siapa tahu bisa menjadi sampingan yang memberikan nilai tambah. Kalaupun tidak, sekedar hobi atau mengisi waktu luang tidak ada salahnya untuk coba-coba membuat coklat lolipop aneka bentuk dan karakter.

Kali ini, kita akan mencoba membuat coklat lolipop dengan bentuk menyerupai karakter hello kitty. Selain mudah, cetakannya juga gampang didapat. Untuk itu, berikut ini bahan-bahan dan peralatan yang perlu kita persiapkan untuk membuat coklat dengan bentuk karakter hello kitty.

Bahan-bahan Membuat Coklat Lolipop Karakter Hello Kitty

  1. coklat warna putih secukupnya
  2. coklat dark secukupnya
  3. pewarna makanan, merah dan kuning

Peralatan

  1. cetakan coklat lolipop
  2. tangkai lolipop
  3. panci kecil
  4. mangkuk stainless kecil
  5. pisau kecil
  6. kantong plastik kaku
Cara Membuat Coklat Lolipop Lucu Aneka Bentuk dan Karakter
contoh cetakan 2 dimensi
Cara Membuat Coklat Lolipop Lucu Aneka Bentuk dan Karakter
contoh cetakan 3 dimensi

Cara Membuat Coklat Lolipop Karakter

  1. Untuk membuat berbagai warna kita perlu melelehkan coklatnya terlebih dahulu. Caranya, potong dadu coklat putih dan masukkan kedalam mangkok stainless.
  2. Panaskan air menggunakan panci kecil dan taruh mangkok stainless yang berisi coklat diatas air dalam panci. Tunggu hingga coklat meleleh, jika sudah meleleh angkat dan aduk menggunakan sendok.
  3. Bagi coklat putih menjadi beberapa bagian. Untuk membuat karakter hello kitty, kita membutuhkan 4 warna dengan takaran berbeda yaitu warna putih (tanpa diwarnai) dengan takaran paling banyak serta warna merah, kuning dan gelap dengan jumlah takaran sedikit karena hanya digunakan untuk membuat outline seperti mata, hidung, hiasan pita dan kumis kucing. Untuk warna gelap, sebaiknya kita gunakan dark chocolate agar tidak usah membutuhkan pewarnaan.
  4. Setelah diberi warna, masukkan masing-masing coklat warna kedalam kantong plastik yang sudah dibentuk lancip seperti ujung pensil. Ikat ujung belakangnya dan gunting ujung depannya sehingga coklat dapat keluar jika ditekan.
  5. Ambil cetakan, isi lekukan seperti bagian mata, hidung, hiasan pita serta bagian mata da kumis kucingnya sesuai warna. Mainkan imajinasi hingga didapat karakter yang semirip mungkin. Jika sudah masukkan kedalam freezer agar cepat mengeras.
  6. Sesudah itu keluarkan lagi dari freezer dan isi dengan coklat putih hingga penuh sebagai filler-nya, jangan lupa pasang stik lolipop sebagai tangkainya.
  7. Masukkan lagi kedalam freezer agar mengeras dan tangkai menempel dengan kuat.
  8. Jika sudah mengeras, keluarkan dari cetakan dan rapikan pinggirannya menggunakan pisau kecil.
  9. Kemas menggunakan plastik transparan dan ikat menggunakan pita kawat agar lebih indah.
  10. Buat karakter lainnya sesuai dengan cetakan yang tersedia serta mainkan imajinasi.
Jika sudah menguasai tehniknya, sebenarnya sangatlah gampang dan menyenangkan. Apalagi saat membuat outline untuk membentuk bagian wajah, ada tantangan tersendiri yang menurut saya sangat menyenangkan. Carilah cetakan berbagai macam karakter untuk menambah koleksi dan mengembangkan kreatifitas. Keahlian ini bisa kita jadikan sebagai usaha alternatif, apalagi cara membuat dan proses pengolahannya tidak begitu sulit dan dapat dikerjakan sambil bersantai. Semoga bermanfaat ya !

Simak Resep Lainnya yang Tak Kalah Menarik

Resep Kue Pukis Istimewa
Resep Kue Ape Pandan Enak Dan Mantap
Resep Kue Apem Selong Khas Surabaya
Resep Es Pisang Ijo Khas Makassar
Resep Brownies Kukus Tepung Singkong
Resep Puding Pelangi Nan Cantik
Cara Membuat Coklat Lolipop Lucu Aneka Bentuk dan Karakter
4/ 5
Oleh