Resep dan Cara Membuat Roti Maryam Empuk Sederhana (Step by Step)

Resep Roti Maryam Empuk Step by Step - Roti maryam atau roti canai / cane adalah roti pipih yang merupakan salah satu kudapan yang awalnya berasal dari timur tengah. Di daerah asalnya, roti ini juga merupakan makanan pokok disamping sebagai kudapan.

Roti maryam memiliki tekstur yang empuk dan kenyal dengan rasa yang gurih. Cocok untuk disajikan bersama kari atau sebagai kudapan yang disajikan dengan topping manis.
Resep Roti Maryam Empuk Sederhana, Cara Membuat Roti Maryam Sederhana
Roti Maryam / ariantomichael.wordpress.com
>> Resep dan Cara Membuat Prol Tape Keju Kukus
Kalian tahu? Roti maryam ini ternyata cukup mudah dibuat, lho! Cara membuat roti maryam sederhana sebetulnya cukup mudah. Namun memang memerlukan waktu yang cukup lama, karena adonan perlu didiamkan beberapa waktu untuk mendapatkan tekstur yang bagus.

Roti maryam merupakan roti pipih yang tidak memerlukan pengembang roti/kue. Untuk itu, agar didapat tekstur yang empuk dan kenyal, diperlukan tehnik memasak yang benar dan bahan yang berkualitas.

Roti maryam terbuat dari tepung terigu, telur, susu, margarin dan minyak goreng. Bahan-bahan tersebut kemudian dibentuk adonan hingga kalis. Seperti membuat adonan untuk kulit molen atau kulit martabak telur.

Untuk mendapatkan tekstur dengan kekenyalan yang tahan lama (meskipun roti maryam sudah dingin), adonan direndam dalam minyak goreng. Lama waktu perendaman adonan adalah minimal 2 jam. Lebih lama waktu perendaman maka adonan semakin bagus.

Setelah direndam, adonan kemudian dibentuk. Mula-mula, adonan dibentuk bulat memanjang. Kemudian digulung dari kedua ujungnya hingga membentuk huruf 'S'. Kedua gulungan kemudian disatukan dengan cara ditumpuk.
Resep Roti Maryam Empuk Sederhana, Cara Membuat Roti Maryam Sederhana
Gambar: cookpad.com / Emma Rosa
Resep Roti Maryam Empuk Sederhana, Cara Membuat Roti Maryam Sederhana
Gambar: cookpad.com / Emma Rosa
Adonan selanjutnya didiamkan kembali. Kali ini, waktu yang diperlukan adalah kurang lebih satu jam. Setelah satu jam, adonan kini siap dimasak / dipanggang.

Pipihkan adonan menggunakan roll kayu. Bisa juga dengan cara manual menggunakan telapak tangan. Selanjutnya, panggang adonan diatas pan anti lengket tanpa menggunakan minyak goreng. Panggang hingga matang dan berubah warna menjadi kuning kecoklatan.

Resep Roti Maryam Empuk Step by Step

Untuk mendapatkan tekstur roti maryam yang empuk, kita membutuhkan tepung terigu yang kaya gluten atau berprotein tinggi. Minimal kita menggunakan tepung terigu serbaguna. Tepung terigu jenis ini sudah cukup untuk membuat roti maryam yang empuk.

Berikut ini adalah daftar bahan yang kita perlukan untuk resep roti maryam empuk kita kali ini. Bagi kalian yang ingin kemudahan, silahkan ikuti cara membuat roti maryam sederhana melalui step by step dibawah ini. Yuk kita simak selengkapnya!
>> Resep dan Cara Membuat Kue Putri Salju Lembut

Bahan Resep Roti Maryam Empuk

  1. 250 gr tepung terigu serbaguna
  2. 50 gr susu bubuk
  3. 2 sdm margarin
  4. 2 sdm minyak goreng
  5. 1 btr telur
  6. 250 ml air (atau secukupnya)
  7. minyak goreng secukupnya untuk merendam adonan

Cara Membuat Roti Maryam Sederhana

  1. Campurkan tepung terigu dengan susu bubuk, aduk rata.
  2. Masukkan margarin, minyak goreng dan telur, aduk menggunakan tangan. Tuangkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis dan tidak lengket di tangan. Tekstur adonan yang ideal adalah lentur/lembut namun tidak lembek. Sesuaikan saja kadar airnya sehingga adonantidak keras namun juga tidak lembek.
  3. Bagilah adonan menjadi bulatan-bulatan yang sama besar. Untuk takaran resep kita kali ini, adonan bisa dibagi menjadi 8-12 bulatan. Tergantung ukurannya, sesuaikan saja dengan selera.
  4. Rendam bulatan adonan dalam minyak goreng. Lama perendaman minimal 2 jam, lebih lama sebih bagus.
  5. Setelah waktu perendaman cukup, keluarkan adonan dari minyak.
  6. Tarik adonan sambil digeleng-geleng menggunakan telapak tangan sehingga adonan yang tadinya bulat menjadi berbentuk memanjang, seperti sosis namun lebih pajang.
  7. Gulung kedua ujung adonan ke arah yang berbeda. Kurang lebih membentuk seperti huruf 'S' (lihat gambar diatas).
  8. Tumpuk kedua gulungan. Diamkan lagi gulungan adonan selama kurang lebih satu jam sambil ditutup menggunakan plastik atau serbet bersih yang dibasahi.
  9. Setelah waktu cukup, ambil adonan kemudian pipihkan mengunakan roll kayu. Bisa juga menggunakan telapak tangan secara manual, sesuaikan saja.
  10. Panggang adonan diatas pan anti lengket hingga matang dan berwarna kecoklatan.
  11. Sajikan roti maryam dengan kari atau topping manis sesuai selera!
>> Resep dan Cara Membuat Bolu Gulung Panggang Lembut
Meskipun memerluka waktu yang cukup lama, namun pada dasarnya cara membuat roti maryam sederhana bisa dibilang simpel dan gampang. Proses pembuatan adonan tidan jauh berbeda seperti membuat kulit martabak telur atau kulit molen.

Bagi kalian yang kreatif, resep roti maryam empuk ini bisa kalian variasikan sesuai selera. Terutama untuk topping. Agar lebih menarik, buatlah dengan topping yang beraneka rasa. Dijamin mantap pokoknya! Selamat mecoba ya!
Resep dan Cara Membuat Roti Maryam Empuk Sederhana (Step by Step)
4/ 5
Oleh