Resep dan Cara Membuat Udang Asam Manis Pedas Sederhana

Resep Udang Asam Manis Pedas - Salah satu kreasi masakan yang paling banyak diminiati, udang yang dimasak dengan bumbu saus asam manis. Masakan ini cukup populer mulai dari warung-warung makan pinggir jalan hingga resto berkelas.

Udang asam manis memiliki cita rasa yang mantap. Seperti namanya, masakan yang satu ini didominasi dengan rasa asam dan manis yang juga diperkuat dengan rasa pedas. Paduan bumbu-bumbu membuat bau amis dari udang tidak lagi tercium.
Resep Udang Asam Manis Sederhana, Cara Membuat Udang Asam Manis Pedas Sederhana
Udang Asam Manis / kulinerreceipe.blogspot.com
>> Resep dan Cara Membuat Ayam Goreng Mentega Kecap
Seperti resep kita kali ini, kita akan mencoba memasak resep udang asam manis sederhana. Cara membuat udang asam manis pedas sangatlah mudah, semudah membuat oseng-oseng pada umumnya.

Bahan-bahan yag kita gunaka untuk memasak udang asam manis sebetulnya cukup simpel dan mudah diperoleh. Untuk membuatnya lebih mantap, kita akan menggunakan bumbu-bumbu yang komplit.

Sebagai langkah pertama, udang dibersihkan terlebih dahulu. Kalian bisa mengupas udangnya, atau cukup dengan membuang kepalanya saja. Berilah perasan jeruk nipis agar udang tidak amis nantinya. Langkah ini memang cukup sederhana namun berperan penting pada hasil masakan.

Tumis bumbu-bumbu seperti biasa hingga harum. Sementara unuk tomat, kita akan memasukannya paling terakhir agar kesegarannya tetap terjaga. Jadi tomatnya tidak hancur.

Udang ditumis sebentar hingga berubah warna menjadi kemerahan. Setelah itu, masukkan aneka saus. Masak beberapa saat hingga saus agak mengering, tujuannya agar saus meresap pada udang.

Tuangkan air dan bumbu-bumbu seperti garam, kaldu, gula pasir dan lada bubuk. Penambahan air dimaksudkan untuk melarutkan bumbu-bumbu seperti garam dan gula. Jadi jagan tambahkan air terlalu banyak ya!

Sampai disini udang sudah matang. Tinggal tambahkan tomat dan larutan tepung maizena untuk mengentalkan sausnya. Jadi deh, udang asam manis siap untuk disajikan!

Resep Udang Asam Manis Sederhana

Untuk mendapatkan cita rasa yang mantap, pilihlah udang yang masih segar. Ciri udang yang masih segar adalah bagian tubuh udang masih berwarna bening transparan. Bukan udang yang sudah berwarna putih keruh.

Jika sulit didapat, udang yang sudah ptuih keruh juga tidak apa. Asalkan masih cukup keras, bagian kepada dan ekornya tidak mudah hancur/copot saat dipegang. Baunya juga tidak terlalu amis.

Nah, berikut ini adalah bahan-bahan dan bumbu yang kita perlukan untuk resep udang asam manis sederhana. Untuk memudahkan, silahkan simak step by step cara membuat udang asam manis pedas berikut ini. Yuk kita simak!
>> Resep dan Cara Membuat Gulai Ikan Tongkol Bumbu Rempah

Bahan Resep Udang Asam Manis Sederhana

  1. 250 gr udang, buang kepalanya
  2. 4 siung bawang merah, iris tipis
  3. 3 siung bawang putih, cincang kasar
  4. 2 bh tomat, potong dadu
  5. 4 bh cabe merah, iris serong
  6. 2 btg daun bawang, rajang pendek
  7. 2 cm jahe, iris/geprek
  8. 2 sdm air perasan jeruk nipis
  9. 2 sdm saus tiram
  10. 2 sdm saus tomat
  11. 2 sdm saus sambal
  12. 1/2 sdt lada bubuk
  13. 1/2 sdt kaldu bubuk
  14. 1 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
  15. garam secukupnya
  16. gula pasir secukupnya
  17. air secukupnya
  18. miyak untuk menumis

Cara Membuat Udang Asam Manis Pedas

  1. Bersihkan udang, buang kepalanya kemudian cuci bersih. Beri perasan jeruk nipis dan biarkan beberapa saat agar udang tidak berbau amis.
  2. Tumis bawang merah, bawang putih, cabe merah dan jahe. Tumis hingga harum.
  3. Masukkan udang dan daun bawang. Tumis beberapa saat hingga udang berubah warna menjadi kemerahan.
  4. Masukkan saus tomat, saus tiram dan saus sambal. Masak beberapa saat agar saus meresap kedalam udang.
  5. Tuangkan air secukupnya. Bubuhkan garam, gula pasir, kaldu bubuk dan lada bubuk. Masak lagi beberapa saat biar bumbu meresap.
  6. Terakhir, masukkan potongan tomat dan larutan tepung maizena. Masak hingga kuah menyusut dan mengental.
  7. Angkat. Udang saus asam manis siap disajikan!
>> Resep dan Cara Membuat Gurame Asam Manis Spesial
Bagaimana? Pada dasarnya, cara membuat udang asam manis pedas memang gampang segampang membuat osang-oseng. Cuma menambahkan beberapa macam saus untuk memperkuat cita rasanya.

Resep udang asam manis sederhana ini juga bisa kalian variasikan sesuai dengan selera. Jika suka, kalian bisa mengganti potongan tomat dengan potongan buah nanas. Atau bisa juga menggunakan keduanya. Selamat mencoba ya!
Resep dan Cara Membuat Udang Asam Manis Pedas Sederhana
4/ 5
Oleh