Resep dan Cara Membuat Donat Ubi Ungu Nan Cantik Menggugah Selera

Resep dan Cara Membuat Donat Ubi Ungu - Donat ubi ungu merupakan variasi dari donat biasa dimana kita dapat menambahkan ubi ungu kukus sebagai bahan baku tambahan untuk mendapatkan rasa dan aroma yang lebih enak.

Selain itu, warna ungu alami yang terkandung dalam ubi ungu semakin mempercantik penampilan donat. Rasanya dan aromanya pun sangat khas, dengan tekstur yang lembut dan empuk serta rasanya yang tentu saja sangat lezat. Penasaran seperti apa rasa donat ubi ungu? Yuk kita coba membuatnya.

Resep dan Cara Membuat Donat Ubi Ungu Nan Cantik

Resep Membuat Donat, Cara Membuat Donat
Sumber gambar : www.potretkasih.com
Proses pembuatan donat ubi ungu sebenarnya sama saja dengan pembuatan donat pada umumnya. Kuncinya yaitu pada proses inkubasi karena kita menggunakan pengembang tipe organik yaitu ragi instan. Adonan perlu didiamkan terlebih dahulu untuk memperoleh tekstur yang empuk serta lembut, jika waktu inkubasi terlalu singkat maka hasil yang kita dapatkan akan sedikit bantat karena adonan tidak mengembang sempurna.

Selain itu, proses penggorengan juga menentukan hasil akhir, kita memerlukan minyak goreng padat untuk mendapatkan hasil terbaik. Kita bisa saja menggunakan minyak goreng cair, namun hasil akhir donat yang kita dapatkan akan mengandung banyak minyak dan cepat melempem. Namun untuk skala kecil dan konsumsi sendiri, jika minyak padat sulit didapat maka minyak goreng biasa pun bisa kita gunakan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang kita perlukan untuk membuat donat ubi ungu.

Bahan Membuat Donat Ubi Ungu

  1. 200 gr ubi ungu, kukus dan haluskan
  2. 300 gr terigu protein tinggi
  3. 50 gr gula pasir
  4. 30 gr margarin
  5. 1 btr telur
  6. 1 sdt ragi instan
  7. 1 sdt garam halus
  8. +/- 150 ml air es
  9. Minyak goreng padat untuk deep frying

Bahan Topping

Margarin, gula tepung dan coklat mesis atau sesuai selera

Cara Membuat Donat Ubi Ungu

  1. Satukan tepung terigu, gula pasir, ragi instan dan garam. Aduk hingga tercampur rata.
  2. Masukkan ubi ungu kukus yang telah dihaluskan, margarin dan telur.
  3. Uleni dengan tangan sambil menambahkan air es sedikit demi sedikit. Uleni terus sampai adonan kalis dan menjadi elastis serta tidak lengket di tangan.
  4. Diamkan adonan selama kurang lebih 15-20 menit agar mengembang.
  5. Setelah mengembang, ambil adonan kurang lebih sebesar telur ayam. Bulatkan adonan kemudian pipihkan dan buat lubang ditengahnya. Atur sedemikian rupa hingga membentuk lingkaran. Diamkan lagi selama kurang lebih satu jam agar adonan mengembang sempurna.
  6. Setelah didiamkan selama satu jam, kini tiba saatnya menggoreng. Panaskan minyak goreng padat dalam penggorengan yang cekung (penggorengan deep frying).
  7. Goreng donat ubi ungu dengan api sedang hingga matang.
  8. Donat ubi ungu siap disajikan dengan topping coklat mesis atau sesuai selera.
Cara membuat donat ubi ungu tidak sulit bukan? Donat ubi ungu memang paling nikmat disantap selagi masih hangat. Dengan tekstur yang empuk dan lembut sedikit kenyal, donat ini juga memiliki rasa dan aroma khas ubi. Sangat cocok dinikmati bersama kopi atau teh hangat dan disantap bersama keluarga tercinta. Semoga bermanfaat ya !

Resep Menarik Lainnya yang Harus Kalian Coba

Resep Brownies Kukus Coklat Keju
Resep Kepiting Saus Tiram
Resep Takoyaki Jepang Sederhana
Resep Roti Goreng Isi Coklat
Resep Ayam Goreng Mentega
Resep Sambal Goreng Kentang
Resep dan Cara Membuat Donat Ubi Ungu Nan Cantik Menggugah Selera
4/ 5
Oleh