Resep Membuat Roti Gulung Pisang Coklat Plus Keju, Mantap !

Resep dan Cara Membuat Roti Gulung Pisang Coklat Keju - Roti gulung pisang coklat merupakan kudapan yang dibuat dengan memadukan beberapa bahan yang sangat mudah diperoleh. Sebagai bahan utama, kita bisa menggunakan pisang raja, pisang tanduk maupun pisang uli atau pisang apapun yang sekiranya nikmat jika kita olah dengan cara digoreng.

Memang ada beberapa jenis pisang yang kurang sedap jika digoreng, seperti tidak melunak ataupun malah menjadi ancur/bonyok. Untuk mendapatkan rasa yang terbaik, pisang raja dan pisang uli tentunya paling nikmat karena mentahnya agak berserat dan hasil olahannya sangat empuk dan begitu manis.

Membuat Roti Gulung Dengan Isian Coklat dan Keju

Resep Membuat Roti Gulung Pisang Coklat Plus Keju
Ilustrasi : www.blueband.co.id
Untuk bahan tambahan isian sebenarnya bersifat opsional tergantung selera, bisa dengan menggunakan keju, coklat, susu maupun perpaduan dari beberapa bahan tersebut. Agar lebih nikmat dan berasa, pergunakan banyak coklat dan tambahkan susu sehingga didapatkan rasa yang manis dan legit.

Mari kita mencoba untuk membuatnya, tidak sulit ko yang penting ada kemauan untuk bereksperimen dan mencoba mengkreasikan sendiri sehingga didapat variasi yang cocok dengan selera. Apa yang harus kita persiapkan ? Berikut bahan serta langkah-langkah membuat roti gulung pisang coklat plus keju.

Bahan Membuat Roti Gulung Pisang Coklat Keju

  1. 2 bh Pisang raja atau pisang uli
  2. 8 lmbr Roti tawar
  3. 2 btr Telur, kocok lepas
  4. Tepung roti (optional)
  5. Minyak untuk menggoreng

Bahan Coklat Pasta (optional)

  1. 8 sdm Coklat butiran/mesis/coklat bubuk
  2. 2 sdm Margarin
  3. 2 sdm Susu kental manis
  4. 2 sdm Tepung terigu
  5. 2 sdm Keju parut
  6. 2-3 sdm Air mendidih

Cara Membuat Roti Gulung Pisang Coklat Plus Keju

  1. Membuat coklat pasta, satukan semua bahan untuk membuat coklat pasta dan siramlah dengan air mendidih kurang lebih 2-3 sendok makan, aduk rata hingga semua bahan menyatu. Jika terlalu encer, tambahkan sedikit tepung terigu. Langkah ini sebenarnya bersifat opsional dengan tujuan agar seluruh permukaan pisang terselimuti dengan banyak coklat dan memudahkan saat proses menggulung. Jika tidak mau repot, kita bisa menaburkan coklat mesis dan keju parut secara langsung pada pisang dan langsung menggulungnya, namun jika ingin menggunakan banyak coklat mesis dan keju terkadang kita agak kesulitan saat hendak menggulung rotinya.
  2. Kupas pisang dan potong-potong, untuk ukuran sedang kita bisa membaginya menjadi 4 potongan dengan cara memotongnya menjadi 2 bagian dan masing-masing bagian kita belah lagi menjadi 2 agar pipih.
  3. Celupkan potongan pisang kedalam coklat pasta.
  4. Siapkan roti tawar, buang pinggirannya dan pipihkan. Letakkan pisang yang telah diselimuti coklat pasta di salah satu pinggiran roti sehingga posisinya melintang.
  5. Lipat pinggiran roti sebelah kiri dan kanan ke arah tengah, gulungkan roti beserta pisang sehingga bentuknya menyerupai risoles. Lakukan pada semua sisa bahan dan kini kita lanjut pada proses menggoreng.
  6. Sebelum digoreng, celupkan terlebih dahulu gulungan roti berisi pisang kedalam telur kocok dan gulingkan pada tepung roti.
  7. Goreng gulungan roti isi pisang dengan api sedang agar matang merata luar dalam.
  8. Angkat jika sekiranya pisang sudah matang dan warna luar berubah menjadi agak kecoklatan.
  9. Roti gulung pisang coklat plus keju siap dihidangkan.
Roti gulung isi pisang coklat plus keju memang paling nikmat disantap dalam keadaan hangat dengan permukaan roti yang agak crispy serta isian yang empuk dengan rasa yang manis legit. Apalagi jika menggunakan coklat dalam jumlah yang banyak, lelehan coklat serta rasa dan aroma khas pisang berpadu menghasilkan kenikmatan tiada dua, menemani waktu bersantai bersama keluarga.

Resep roti gulung pisang coklat keju ini merupakan variasi dari Piscok Meler yaitu mengganti kulit lumpia dengan roti tawar sebagai kulitnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya ! Jangan lupa share ke teman dan sahabat :)

Baca Juga Resep Menarik Lainnya Berikut Ini

Resep Kepiting Saus Tiram
Resep Takoyaki Jepang Sederhana
Resep Roti Goreng Isi Coklat
Resep Ayam Goreng Mentega
Resep Sambal Goreng Kentang
Resep Sambal Goreng Tempe
Resep Membuat Roti Gulung Pisang Coklat Plus Keju, Mantap !
4/ 5
Oleh