Resep dan Cara Membuat Nasi Goreng Seafood Sederhana Spesial Pedas

Resep Nasi Goreng Seafood Sederhana - Kalian suka nasi goreng? Boleh coba membuat nasi goreng yang satu ini. Nasi goreng ala Qudapan dengan rasa pedas mantap ini memiliki cita rasa yang kaya, juga memiliki kandungan gaizi yang komplit. Perpaduan antara sayuran dan seafood memberikan cita rasa yang khas, apalagi ditambah dengan rasa pedas yang membuat lidah bergoyang. Coba bikin yuk, cara membuat nasi goreng seafood sederhana cukup mudah kok !
Resep Nasi Goreng Seafood Sederhana, Cara Membuat Nasi Goreng Seafood Sederhana
sumber gambar : www.royco.co.id
Nasi goreng merupakan jajanan rakyat yang biasanya dijual oleh abang-abang di pemukiman penduduk pada malam hari. Biasanya nasi goreng disajikan dalam varian yang bervariasi, seperti nasi goreng gila, nasi goreng pete, nasi goreng kambing, nasi goreng seafood dan lain-lain. Kesemuanya memiliki cara membuat yang sama, hanya saja bahan tambahannya lebih divariasikan.

Nah kali ini, kita akan mencoba membuat kreasi nasi goreng dengan tambahan seafood. Kita bisa menggunakan udang atau cumi atau kedua-duanya. Namun, hati-hati ya bagi kalian yang memiliki alergi terhadap makanan laut. Nanti bukannya nikmat malah menjadi sengsara, hehe. Yu kita simak persiapan yang kita butuhkan sekaligus resep dan cara membuat nasi goreng seafood spesial yang satu ini.

Resep Nasi Goreng Seafood Sederhana Pedas Mantap

Inti utama dari nasi gorang ini adalah penambahan bahan makanan yang merupakan hasil laut. Karena resep dasar nasi goreng tidaklah jauh berbeda, maka kreasi yang kita fokuskan adalah rasa pedas dan rasa gurih yang berasal dari udang dan cumi. Kalian bisa menyesuaikan tingkat kepedasan sesuai selera, tinggal sesuaikan jumlah cabai yang digunakan. Mau lebih banyak atau lebih sedikit, tidak ada takaran yang pasti. Berikut ini bahan-bahan yang perlu kita persiapkan untuk membuat nasi goreng seafood spesial pedas mantap.

Bahan Resep Nasi Goreng Seafood Sedrhana

  1. 2 piring nasi putih (dingin)
  2. 2 btr telur ayam
  3. 8 ekor udang ukuran sedang, kupas
  4. 2 ekor cumi (kira-kira sebesar telunjuk), potong pendek
  5. 1 btg daun bawang, potong pendek
  6. 4 lbr daun sawi hijau, potong-potong
  7. 2 sdm kecap manis
  8. 1 sdm saus tiram
  9. 2 sdt garam
  10. 1 sdt margarin
  11. minyak untuk menumis

Bumbu Halus

  1. 2 siung bawang putih
  2. 4 siung bawang merah
  3. 1 bh cabe merah, buang biji
  4. 6 bh cabe rawit merah
  5. 1 cm kunyit (opsional)
  6. 1/2 sdt lada (opsional)

Cara Membuat Nasi Goreng Seafood Sederhana Pedas Mantap

  1. Panaskan minyak bersama margarin dengan api besar, masukkan cumi dan udang hingga berubah warna dan setengah matang.
  2. Masukkan telur, aduk hingga membentuk orak-arik.
  3. Masukkan bumbu halus dan daun bawang, masak sebentar hingga harum. Masukkan daun sawi, aduk.
  4. Masukkan nasi, aduk cepat. Tambahkan garam, kecap manis dan saus tiram, aduk cepat hingga warna nasi merata pertanda bumbu tercampur merata dengan nasi.
  5. Angkat dan sajikan selagi panas (untuk 2 porsi).
Dulu sempat heran kenapa nasi goreng dari abang-abang rasanya enak, sementara jika membuat sendiri di rumah rasanya agak beda. Ternyata ada tipsnya, seperti berikut ini.
Tips membuat nasi goreng dari abang-abang : membuat nasi goreng harus cepat untuk mendapatkan hasil yang bagus. Gunakan api besar agar bumbu, telur dan nasi cepat matang namun tidak garing (nasi goreng tidak keras) karena kalau menggunakan api kecil maka bumbu, telur dan nasi lambat matangnya sehingga waktu yang diperlukan relatif agak lama sementara air yang terkandung didalamnya sudah banyak berkurang. Nasi yang digunakan juga harus nasi pera yang sudah dingin, jika tidak maka nasi goreng malah akan menggumpal.
Setelah bertanya sama abang-abang langganan akhirnya jadi tau, kenapa nasi goreng abang-abang rasanya lebih enak. Dan pantas saja, abang-abang selalu membuat nasi goreng menggunakan api besar serta membuatnya dengan cepat. Pertama saya kira agar mampu melayani banyak pelanggan dengan cepat, namun dibalik itu ada alasan lain yang sebelumnya tidak kepikiran, hehe.

Bagaimana, cara membuat nasi goreng seafood sederhana ternyata mudah bukan? Mau coba resep nasi goreng seafood sederhana pedas mantap di rumah? Untuk resep, silahkan disesuaikan dengan selera, seperti kepedasan serta bahan tambahan seperti udang dan cumi, bisa juga ditambahkan sosis jika suka. Selamat berkreasi ya !

Coba Juga Resep Menarik Lainnya Berikut Ini

Resep Es Kopyor dari Agar-Agar
Resep Kolak Pisang Nangka Penggugah Selera
Resep Puding Telor Ceplok Nan Cantik
Resep Kue Talam Ubi Ungu Nan Lezat
Resep Kue Pukis Istimewa
Resep Kue Ape Pandan Enak Dan Mantap
Resep dan Cara Membuat Nasi Goreng Seafood Sederhana Spesial Pedas
4/ 5
Oleh