Cara Membuat Tape Singkong Manis dan Lembut, Begini Caranya!

Cara Membuat Tape Singkong Manis Lembut - Tape singkong atau peuyeum adalah salah satu olahan singkong yang cukup populer. Di daerah Jawa barat, tape singkong lazim disebut sebagai peuyeum Bandung.

Tape singkong yang bagus memiliki tekstur yang empuk dan lembut, tidak keras dan juga tidak lembek/benyek. Berasa manis dengan aroma wangi tape yang kuat. Untuk membuatnya, diperlukan tehnik yang tepat dan bahan yang berkualitas.
Cara Membuat Tape Singkong Manis dan Lembut
Tape Singkong
Lainnya >> Resep dan Cara Membuat Es Teler Spesial
Pada dasarnya, cara membuat tape singkong manis dengan tekstur yang lembut tidaklah sulit. Asalkan tahu tehniknya, serta mengutamakan kehigienisan untuk medapatkan hasil yang bagus.

Bahan untuk membuat tape singkong tidak boleh terkontaminasi bahan asing seperti minyak, keringat atau bahan asing lainnya. Jika tidak, hasil tape tidak akan maksimal dan kurang bagus. Seperti licin berlendir, kecut atau bahkan terlalu lembek/benyek.

Untuk itu, dari mulai pencucian, pengukusan hingga singkong diperam dalam wadah harus dijaga kebersihannya. Gunakan peralatan yang bersih dan steril.

Proses pembuatan tape singkong dimulai dari pengukusan singkong. Kukus singkong hingga matang dan empuk kemudian angkat tanpa menyentuhnya dengan tangan secara langsung. Biarkan hingga singkong dingin.

Siapkan ragi, hancurkan hingga berbentuk tepung/serbuk. Taburkan pada singkong kukus yang audah dingin. Pastikan ragi tercampur merata pada permukaan singkong.

Selanjutnya, siapkan wadah. Bisa menggunakan besek atau untuk lebih praktisnya bisa menggunakan toples atau baskom yang dialasi terlebih dahulu menggunakan daun pisang di bagian pinggir dan bawahnya. Tutup juga bagian atasnya dengan daun pisang.

Diamkan tape singkong selama kurang lebih dua hari dua malam. Setelah cukup waktu, barulah tape bisa ditengok untuk memastikan kematangannya.

Resep dan Cara Membuat Tape Singkong Manis dan Lembut

Untuk mendapatkan tape singkong yang bagus, bahan utamanya juga haruslah bagus. Pilihlah singkong muda yang masih memiliki banyak pati. Cirinya, singkong memiliki warna yang lebih putih, teksturnya cukup padat dan tidak getas serta biasanya memiliki ukuran yang tidak terlalu besar (tergantung jenis singkongnya).

Pilihlah singkong yang masih segar. Jika membeli dari penjual di pasar, pilihlah singkong yang tanahnya masih menempel. Pilih ukuran yang sedang saja, karena yang ukuran besar biasanya memiliki tulang.

Untuk memudahkan, kalian bisa mengikuti langkah-langkah cara membuat tape singkong manis dan lembut berikut ini. Simak juga daftar bahan yang kita perlukan untuk resep tape singkong manis kita kali ini. Yuk cekidot!
>> Resep dan Cara Membuat Prol Tape Keju Kukus Khas Jember

Bahan Resep Tape Singkong Manis Lembut

  1. 1 kg singkong muda
  2. 1 btr ragi tape
  3. daun pisang untuk pembungkus secukupnya

Cara Membuat Tape Singkong Manis dan Lembut

  1. Sebagai langkah pertama, kupas singkong kemudian bersihkan dengan cara mencucinya. Agar hasil tape bisa lebih maksimal, kerik permukaan singkong yang telah dikupas sehingga lapisan licin di permukaannya hilang. Cuci kembali hingga bersih.
  2. Potong-potong singkong sesuai dengan selera. Jika menginginkan tape singkong utuh, kalian harus punya wadah yang cukup besar sehingga bisa muat beberapa singkong utuh didalamnya.
  3. Kukus singkong hingga matang dan empuk. Setelah matang kemudian angkat dan pindahkan ke wadah. Biarkan hingga singkong dingin.
  4. Hancurkan ragi tape hingga menjadi serbuk. Taburkan serbuk ragi pada singkong kukus yang sudah dingin kemudian aduk dengan cara menggoyang-goyangkan wadahnya sehingga ragi bisa menempel di permukaan singkong. PERLU DIPERHATIKAN, usahakan untuk tidak menyentuh singkong secara langsung menggunakan tangan pada saat singkong diangkat dari kukusan, penaburan ragi hingga pembungkusan. Gunakan sarung tangan atau garpu untuk memindahkan singkong. Kontaminasi bahan asing seperti keringat atau bahan lainnya bisa membuat tape menjadi kurang bagus seperti licin, berasa sedikit asam bahkan benyek.
  5. Setelah semua singkong ditaburi ragi, singkong siap 'dipeuyeum'. Bungkuslah singkong menggunakan daun pisang. Selain itu, kita bisa menggunakan toples, bakul atau baskom untuk menaruh singkong. Alasi dan tutup dengan daun pisang untuk mempercepat fermentasi.
  6. Diamkan singkong selama 2 hari 2 malam. Setelah itu, cek apakah tape sudah jadi dengan cara menusuknya atau memencetnya menggunakan tangan. Jika singkong sudah menjadi lunak, berarti tape sudah jadi/matang.
>> Resep dan Cara Membuat Kue Putri Salju Lembut
Meskipun harus dibuat dengan hati-hati, namun pada dasarnya mudah bukan? Cara membuat tape singkong manis dan lembut sebetulnya tergantung pada kehigienisan kita saat membuatnya. Jika sudah terbiasa memasak dengan mengutamakan kehigienisan, tentunya tidak sulit.

Resep tape singkong manis dan lembut ini sebetulnya adalah resep dasar. Kini tape singkong lebih bervariasi, seperti memiliki varian rasa dan keunikan lainnya yang akan kita bahas di kesempatan lain. Selamat mencoba ya!
loading...
Cara Membuat Tape Singkong Manis dan Lembut, Begini Caranya!
4/ 5
Oleh