Resep dan Cara Membuat Puding Roti Tawar Kukus Keju

Resep Puding Roti Tawar Kukus Keju - Kreasi puding berikutnya adalah puding roti tawar dengan topping keju. Puding ini akan kita masak dengan cara dikukus, jadi prosesya lebih mudah dan lebih menghemat waktu.

Puding roti tawar kukus tidak menggunakan agar-agar atau tepung maizena seperti puding pada umumnya. Meskipun begitu, teksturnya tetap lembut dengan rasa manis gurih karena mengandung banyak susu dan keju.
Resep Puding Roti Tawar Kukus Keju, Cara Membuat Puding Roti Tawar Kukus Keju
Puding Roti Tawar Kukus Topping Keju
>> Resep dan Cara Membuat Puding Buah Naga Merah
Pada dasarnya, cara membuat puding roti tawar kukus keju sangatlah mudah. Kita tidak memerlukan peralatan seperti mixer atau peralatan membuat kue lainnya. Kita cukup menggunakan panci serbaguna untuk mengukus puding.

Puding roti tawar dibuat dari potongan roti tawar yang dicampur dengan adonan puding. Adonan ini kita buat dari susu dan telur. Yang nantinya, adonan ini akan menggumpal membentuk lapisan yang lembut dengan rasa yang manis gurih.

Adonan dibuat dari kocokan telur yang dicampur dengan susu dan gula. Setelah itu, adonan dituangkan kedalam roti tawar didalam loyang. Langkah selanjutnya, kita tinggal memasak puding dengan cara dikukus atau dipanggang.

Resep Puding Roti Tawar Kukus Keju Spesial

Untuk mendapatkan tekstur puding yang lembut, tentunya kita memerlukan bahan yang berkualitas. Gunakan roti tawar yang berkualitas baik dan masih 'segar' atau fresh from the oven. Maka dijamin, hasil pudingnya pun lebih lembut dan lebih mantap.

Nah berikut ini adalah daftar bahan yang akan kita perlukan untuk resep puding roti tawar kukus keju kita kali ini. Untuk memudahkan pembuatannya, kalian bisa simak cara membuat puding roti tawar kukus keju melalui step by step dibawahnya.
>> Resep dan Cara Membuat Puding Susu Sederhana Topping Buah

Bahan Resep Puding Roti Tawar Kukus Keju

  1. 6 lbr roti tawar, potong kotak/dadu
  2. 250 ml susu cair UHT
  3. 100 ml susu kental manis
  4. 50 gr gula pasir
  5. 2 sdm margarin, cairkan
  6. 2 btr telur
  7. 1 sdt vanili bubuk
  8. margarin secukupnya untuk mengoles loyang

Bahan Topping

  1. keju cheddar parut secukupnya
  2. kismis secukupnya

Cara Membuat Puding Roti Tawar Kukus

  1. Siapkan loyang, olesi permukaan bagian dalamnya menggunakan margarin. Tata potongan roti tawar diatas loyang sedemikian rupa. Sisihkan dulu sementara.
  2. Kocok lepas telur ayam. Kocok hingga agak berbuih untuk memastikan bagian kuning dan putihnya menyatu.
  3. Tuangkan susu cair kedalam kocokan telur, tuangkan juga susu kental manis, gula pasir, margarin cair dan vanili bubuk. Aduk-aduk biar merata.
  4. Tuangkan campuran susu telur diatas potongan roti tawar yang ada didalam loyang. Beri topping sesuai selera seperti keju cheddar parut, kismis, choco chips, coklat meses atau apa saja sesuai selera.
  5. Siapkan kukusan hingga benar-benar panas. Kukus puding roti tawar selama kurang lebih 15 menit atau hingga matang.
  6. Angkat dan dinginkan puding. Masukkan puding kedalam lemari es agar lebih nikmat.
>> Resep dan Cara Membuat Puding Coklat Oreo Spesial
Gampang bukan? Cara membuat puding roti tawar kukus keju tidaklah sesulit yang kita bayangkan. Bahkan kita bisa menggunakan peralatan dan bahan-bahan yang sangat sederhana yang gampang diperoleh.

Bahan untuk resep puding roti tawar kukus keju biasanya tersedia di dapur. Jadi kita bisa bereksperimen selagi senggang tanpa perlu berburu bahan-bahan ke pasar. Jadi, selamat mencoba ya!
Resep dan Cara Membuat Puding Roti Tawar Kukus Keju
4/ 5
Oleh