Resep dan Cara Membuat Pempek Sutra Tanpa Ikan, Praktis

Resep Pempek Sutra Tanpa Ikan - Salah satu jenis pempek yang paling banyak diminati. Pempek sutra memiliki tekstur yang lebih empuk dan lembut. Rasanya gurih, berpadu dengan kuah cuko yang dominan asam manis.

Pempek sutra dibuat dengan adonan yang lebih encer. Sehingga hasil akhir setelah direbus, pempek memiliki tekstur yang tidak alot. Cara perebusannya pun unik, karena adonannya encer maka perebusannya juga menggunakan kemasan kantong plastik.
Resep Pempek Sutra Tanpa Ikan, Cara Membuat Pempek Sutra Tanpa Ikan
Pempek Sutra / lebihtau.com
>> Resep dan Cara Membuat Roti Maryam Empuk Sederhana
Kali ini, kita akan membuat pempek sutra sederhana tanpa menggunakan daging ikan. Pada pempek biasa, jenis ini dikenal dengan pempek dos. Cara membuat pempek sutra tanpa ikan ini lebih praktis dan lebih gampang. Yuk simak!

Resep Pempek Sutra Tanpa Ikan, Sederhana dan Praktis

Pada dasarnya, bahan untuk membuat pempek sutra tidak jauh berbeda dari pempek dos. Cuma berbeda pada proses pembuatan adonan dan pada proses perebusannya. Membuat pempek sutra lebih mudah, karena kita tidak perlu membentuk adonan dan menjaga teksturnya.

Yuk mari simak, bahan apa saja yang perlu kita persiapkan untuk resep pempek sutra tanpa ikan ini. Untuk proses pembuatannya, simak cara membuat pempek sutra tanpa ikan melalui langkah-langkah dibawah ini.
>> Resep dan Cara Membuat Batagor Bandung Tanpa Ikan

Bahan Resep Pempek Sutra Tanpa Ikan

  1. 125 gr tepung sagu (+/- 1 gelas)
  2. 125 gr tepung terigu (+/- 1 gelas)
  3. 2 btr telur
  4. 1 btg daun bawang, rajang halus
  5. 1/2 sdt lada bubuk
  6. 1 sdt kaldu bubuk
  7. 1 sdt garam
  8. air secukupnya
  9. timun untuk pelengkap, cacah dadu
  10. plastik es mambo untuk pembungkus

Bahan Kuah Cuko

  1. 100 gr gula jawa, sisir halus
  2. 10 bh cabe rawit
  3. 1 siung bawang putih
  4. 1 sdm cuka
  5. 1 sdt asam jawa
  6. 1 sdt garam
  7. 2 gelas air

Cara Membuat Pempek Sutra Tanpa Ikan

  1. Siapkan wadah, masukkan tepung terigu, tepung sagu, telur, daun bawang, lada bubuk, kaldu bubuk dan garam. Tuangkan segelas air kemudian aduk rata.
  2. Tambahkan lagi air pada adonan secara bertahap sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk perlahan hingga membentuk adonan kental namun bisa dituang.
  3. Siapkan plastik es mambo. Masukkan adonan kedalam plastik menggunakan corong, ikatkan. Lakukan langkah yang sama terhadap seluruh sisa adonan.
  4. Rebus adonan yang sudah dibungkus plastik selama kurang lebih 15-20 menit atau hingga matang. Cirinya matang yaitu adonan menjadi padat. Setelah matang, pempek bisa diangkat dan biarkan hingga dingin.
  5. Selanjutnya adalah membuat kuah cuko. Haluskan cabe rawit dan bawang putih, kemudian masukkan kedalam panci bersama dengan bahan cuko lainnya seperti air, gula jawa, asam jawa, cuka dan garam. Rebus hingga mendidih dan angkat.
  6. Untuk menyajikannya, potong-potong pempek sutra sesuai selera kemudian goreng hingga matang.
  7. Sajikan pempek sutra bersama kuah cuko dan cacahan mentimun.
>> Resep dan Cara Membuat Donat Kentang Lembut Sederhana
Gampang dan praktis bukan? Karena itu, pempek sutra semakin populer sebab memang gampang dibuat dan rasanya juga sangat lezat. Selamat mencoba ya!
Resep dan Cara Membuat Pempek Sutra Tanpa Ikan, Praktis
4/ 5
Oleh