Resep dan Cara Membuat Batagor Bandung Tanpa Ikan, Sederhana dan Praktis

Resep Batagor Bandung Tanpa Ikan - Bagi kalian yang berdomisili di daerah Priangan Timur, tentu sudah tidak asing dengan jajanan yang satu ini. Terutama bagi kalian yang tinggal di daerah Bandung, batagor bisa kalian temui hampir di setiap sudut kota.

Batagor bandung memiliki cita rasa yang gurih, dipadu dengan saus kacang yang lezat dengan wangi khas. Teksturnya empuk dan sedikit kenyal, cocok dijadikan sebagai cemilan yang cukup mengenyangkan.
Resep Batagor Bandung Tanpa Ikan, Cara Membuat Batagor Bandung Tanpa Ikan
Batagor Bandung
>> Resep dan Cara Membuat Donat Kentang Sederhana
Nah, pada resep kita kali ini, kita akan membuat batagor Bandung sederhana tanpa menggunakan daging ikan. Versi ini merupakan versi ekonomis namun tetap lezat. Cara membuat batagor Bandung tanpa ikan ini cukup mudah, lho. Yuk simak selengkapnya!

Resep Batagor Bandung Tanpa Ikan, Sederhana dan Praktis

Beberapa versi batagor Bandung memang menggunakan daging ikan, namun terkadang ada saja yang tidak suka. Untuk menggantikannya, kita bisa menggunakan daging ayam giling, udang atau bisa juga tanpa menggunakan daging sama sekali.

Disini, kita akan membuat batagor versi ekonomis tanpa daging. Biarpun ekonomis, namun rasanya tidak kalah lezat lho. Rasanya tetap gurih dan teksturnya juga empuk sedikit kenyal.

Yuk simak, bahan apa saja yang perlu kita persiapkan untuk resep batagor Bandung tanpa ikan ini. Simak juga ya, cara membuat batagor Bandung tanpa ikan melalui step by step yang akan disertakan dibawah.
>> Resep dan Cara Membuat Roti Maryam Empuk Sederhana

Bahan Resep Batagor Bandung Tanpa Ikan

  1. 200 gr tepung sagu / tapioka
  2. 100 gr tepung terigu
  3. 5 bh tahu putih segitiga
  4. 10 bh kulit pangsit
  5. 2 lbr daun bawang, rajang halus
  6. 1/2 sdt lada bubuk
  7. 1 sdt kaldu bubuk
  8. 1 sdt garam
  9. air secukupnya

Bahan Saus Kacang

  1. 1 genggam kacang tanah, goreng
  2. 2 sdm gula jawa, sisir halus
  3. 2 bh cabe keriting
  4. 5 bh cabe rawit, atau sesuai selera
  5. 1 sdt asam jawa, larutkan dengan 1/2 gelas air
  6. 1 sdt perasan jeruk limau
  7. 1 sdt kaldu bubuk
  8. 1 sdt garam
  9. air secukupnya
  10. minyak untuk menumis

Cara Membuat Batagor Bandung Tanpa Ikan

  1. Pertama, kita persiapkan dulu bumbu kacangnya. Siapkan blender, masukkan kacang tanah goreng, cabe merah keriting, cabe rawit, air asam jawa, air perasan jeruk limau dan tambahkan air secukupnya. Blender hingga lumat. Selain menggunakan blender, kita juga bisa membuatnya dengan cara diulek manual.
  2. Siapkan wajan dan beri minyak goreng secukupnya. Masukkan kacang tanah yang sudah diblender dan tumis hingga harum. Jangan lupa, tambahkan gula jawa, garam, lada bubuk dan kaldu bubuk. Tumis hingga matang dan koresksi rasanya, jika ada bumbu yang kurang maka bisa ditambahkan sesuai selera. Angkat dan sisihkan bumbu kacang.
  3. Selanjutnya membuat adonan batagor. Siapkan wadah, campurkan tepung sagu, tepung terigu, garam, lada bubuk dan kaldu bubuk. Aduk rata.
  4. Tuangkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan. Pastikan tidak ada tepung yang menggumpal. Tambahkan lagi air sedikit demi sedikit hingga membentuk adonan yang lembek namun tidak encer (tidak bisa dituang).
  5. Masukkan daun bawang pada adonan, aduk rata.
  6. Ambil tahu putih, iris melintang untuk membuat lubang. Ambil adonan secukupnya dan isikan pada tahu. Lakukan hingga tahu habis.
  7. Ambil kulit pangsit, ambil adonan secukupnya dan letakkan ditengah kulit pangsit. Kuncupkan kulit pangsit hingga adonan terbungkus didalamnya.
  8. Goreng tahu dan kulit pangsit yang berisi adonan hingga matang dan berubah warna menjadi kecoklatan. Jika sisa adonan masih ada, ambil setengah sendok adonan dan tuangkan kedalam penggorengan. Lakukan hingga adonan habis dan gorenglah hingga matang.
  9. Sajikan batagor dengan siraman saus kacang. Agar lebih lezat, bisa ditambah saus sambal, kecap manis dan perasan jeruk limau.
>> Resep dan Cara Membuat Es Krim Goreng Sederhana, Praktis dan Gampang
Cukup gampang bukan? Selain itu juga lebih ekonomis. Bagi kalian yang suka bereksperimen, kalian bisa menambahkan daging ayam giling atau udang giling pada adonan. Rasanya tentu lebih enak dan tidak terlalu amis seperti daging ikan. Selamat mencoba ya!
Resep dan Cara Membuat Batagor Bandung Tanpa Ikan, Sederhana dan Praktis
4/ 5
Oleh