Resep dan Cara Membuat Cendol Bandung Tepung Beras Ala Rumahan

Resep Cendol Bandung - Kalian tentu sudah tahu apa itu cendol Bandung, jajanan khas Jawa Barat ini memang cukup populer. Cendol hampir sama dengan dawet dan dawet ayu, hanya saja bahan dan penyajiannya sedikit berbeda.

Cendol menggunakan bahan yang cukup bervariasi, bisa dibuat dari tepung hunkwe, tepung sagu (aci kawung), bisa juga dari tepung beras. Seperti resep kita kali ini, kita akan membuat cendol yang berbahan dasar tepung beras.
Resep Cendol Bandung Tepung Beras, Cara Membuat Cendol Tepung Beras
Es Cendol Bandung
>> Resep dan Cara Membuat Es Teler Spesial
Kalian tahu tidak, cara membuat cendol tepung beras ternyata cukup gampang, lho. Bahkan bagi pemula sekalipun bisa membuat cendol yang lezat.

Pada dasarnya, cendol dibuat dari adonan yang hampir sama seperti membuat bubur hijau. Cuma proses akhirnya yang berbeda.

Langkah pertama, terlebih dahulu kita membuat sari pandan. Sari pandan dibuat dengan cara memblender daun pandan bersama air. Campuran ini kemudian disaring dan diambil sari pandannya saja.

Satukan sari pandan dengan bahan-bahan lainnya. Adonan  ini kemudian dipanaskan hingga menggumpal sambil terus diaduk-aduk. Masak hingga matang sambil terus diaduk-aduk.

Ciri adonan cendol yang matang sempurna adalah tidak menyisakan bau tepung. Jika cendol belum matang benar, maka biasanya aroma tepung masih tercium dari adonan.

Setelah adonan cendol matang, cendol siap dicetak. Proses pencetakannya cukup sederhana, yaitu adonan diekstrusi menggunakan cetakan khusus atau bisa juga menggunakan sarangan panci serba guna.

Cendol yang sudah dicetak harus langsung masuk kedalam air es. Jika tidak, cendol akan menyatu satu sama lain. Didalam air es, cendol tidak akan saling menyatu, juga bisa menggumpal dengan cepat.

Kini cendol sudah siap. Kita tinggal menyiapkan saus gula dan santannya. Caranya adalah dengan mendidihkan bahan masing-masing untuk saus gula dan santan.

Resep Cendol Bandung Spesial

Cendol hampir sama dengan dawet. Hanya saja, dawet biasanya dibuat dari tepung beras, sementara cendol bisa dibuat dari beberapa macam tepung yang berbeda. Untuk resep kita kali ini, kita khusus membuat cendol yang berbahan dasar tepung beras.

Silahkan ikuti step by step cara membuat cendol tepung beras dibawah ini untuk lebih memudahkan pembuatannya. Berikut ini juga bahan-bahan yang kita butuhkan untuk resep cendol Bandung kita kali ini. Yuk simak!
>> Resep dan Cara Membuat Es Kopyor dari Agar-Agar

Bahan Resep Cendol Bandung

  1. 100 gr tepung beras
  2. 3 sdm tepung hunkwe / bisa tepung sagu
  3. 1 sdm pasta pandan
  4. 1 sdm air kapur sirih
  5. 1/4 sdt garam
  6. 10 lbr daun pandan, potong pendek
  7. 800 ml air atau secukupnya
  8. air es secukupnya

Bahan Sirup Gula (Peueut)

  1. 350 gr gula merah / gula jawa
  2. 3 sdm gula pasir
  3. 5 bh daging buah nangka
  4. 3 lbr daun pandan, ikatkan
  5. 400 ml air

Bahan Saus Santan

  1. 400 ml santan
  2. 1/2 sdt garam

Cara Membuat Cendol Tepung Beras

  1. Sebagai langkah pertama, kita buat sari pandannya terlebih dahulu. Blender daun pandan bersama dengan 800 ml air hingga lumat. Saring sisa daun pandan dan ambil sarinya saja.
  2. Siapkan wajan, tuangkan sari pandan kedalam wajan bersama dengan tepung beras, tepung sagu, pasta pandan, air kapur sirih dan sedikit garam. Aduk rata.
  3. Panaskan adonan tepung tersebut diatas api sedang hingga mendidih sambil terus diaduk. Aduk terus menerus agar tidak ada gumpalan adonan tepung mentah. Masak adonan cendol hingga matang sempurna sambil terus diaduk.
  4. Setelah adonan cendol matang, saatnya mencetak. Gunakan cetakan khusus cendol. Jika tidak ada, gunakan ayakan bambu atau lebih praktis menggunakan panci serbaguna yang ada sarangannya. Caranya, isilah panci dengan air es hingga setengah ketinggian sarangan. Pasang sarangan dan tuangkan adonan cendol diatas sarangan panci. Tekan-tekan adonan cendol agar lolos melalui lubang sarangan dan jatuh kedalam air es. Cendol nantinya akan menggumpal didalam air es, biarkan beberapa saat hingga semua cendol menggumpal.
  5. Angkat sarangan panci dan pindahkan cendol dari panci kedalam wadah. Cendol kini sudah siap, jadi sisihkan dulu sementara kita membuat peueut (sirup gula merah) dan saus santannya.
  6. Membuat saus gula (peueut): masukkan gula merah yang telah disisir halus kedalam panci bersama dengan air, gula pasir, daun pandan dan daging buah nangka. Masak hingga mendidih dan seluruh gula larut sempurna. Angkat kemudian dinginkan.
  7. Membuat saus santan: didihkan santan bersama dengan sedikit garam sambil terus diaduk agar santan tidak pecah. Angkat kemudian dinginkan.
  8. Sekarang semua bahan cendol sudah siap. Siapkan gelas saji, tuangkan saus gula, cendol dan serutan es batu. Siram dengan saus santan diatasnya.
  9. Es cendol segar kini siap disajikan.
>> Resep dan Cara Membuat Es Jagung Manis Biji Selasih
Gampang bukan? Cara membuat cendol tepung beras memang cukup simpel. Apalagi jika kita memiliki cetakah khusus cendol, prosesnya bisa lebih cepat.

Bagi kalian yang gemar bereksperimen di dapur, resep cendol Bandung sebenarnya cukup beragam. Kita akan membahasnya pada kesempatan yang lain. Selamat mencoba ya!
loading...
Resep dan Cara Membuat Cendol Bandung Tepung Beras Ala Rumahan
4/ 5
Oleh