Resep dan Cara Membuat Gulai Kambing Jawa Spesial

Resep Gulai Kambing Jawa - Sebagai salah satu masakan yang bercita rasa kuat, gulai kambing memang cukup populer dan banyak diminati. Masakan berkuah santan ini memang lezat dengan dominasi rasa gurih, apalagi ditambah dengan rasa pedas. Dijamin mantap!

Gulai kambing yang cukup terkenal adalah gulai kambing Jawa atau gulai kambing Solo. Biasaya, gulai kambing ini dijual bersama dengan sate dan tongseng. Harganya pun relatif terjangkau untuk kalangan menengah ke bawah.
Resep Gulai Kambing Jawa, Cara Membuat Gulai Kambing Jawa
Gulai Kambing Jawa / foto: bango.co.id
>> Resep dan Cara Membuat Kepiting Saus Tiram
Kalian tahu tidak? Gulai kambing sebetulnya tidak terlalu sulit dibuat, lho! Cara membuat gulai kambing Jawa sebetulnya cukup mudah, meskipun menggunakan rempah dan bumbu-bumbu yang cukup banyak.

Cita rasa kuat dari gulai kambing ini diperoleh dari rempah-rempah. Seperti kayu manis, cengkeh, kapulaga, kembang lawang, pala, lada, jintan dan lain-lain. Dengan menambahkan rempah, gulai kambing dijamin memiliki aroma yang kuat dan menggugah selera.

Dalam proses pemasakannya, daging kambing tidak dicuci terlebih dahulu. Ini dimaksudkan agar masakan yang berbahan daging kambing tidak menyisakan bau prengus. Sebagai gantinya, agar daging kambing bersih, daging direbus terlebih dahulu sebelum dimasak.

Selanjutnya, setelah direbus dan air rebusannya dibuang, barulah daging kambing direbus kembali bersama santan dan rempah. Bumbu-bumbu halus ditumis di tempat terpisah untuk kemudian disatukan dengan daging kambing bersama dengan bumbu-bumbu penyedap.

Santan kental ditambahkan paling akhir. Sambil dimasak, santan harus terus diaduk agar tidak pecah. Masaklah kembali hingga mendidih untuk memastikannya matang.

Resep Gulai Kambing Jawa Spesial

Untuk mendapatkan gulai kambing dengan daging yang empuk, pilihlah daging kambing muda. Sertakan tulang dan lemaknya agar lebih berasa dan bertekstur. Rebuslah daging kambing hingga matang dan empuk sebelum diproses ke tahap pemasakan selanjutnya.

Dibawah ini adalah daftar bahan dan bumbu-bumbu yang kita perlukan untuk resep gulai kambing Jawa yang kita masak kali ini. Agar lebih mudah dan rinci, silahkan ikuti cara membuat gulai kambing Jawa melalui step by stepnya berikut ini. Yuk simak!
>> Resep dan Cara Membuat Gulai Ikan Tongkol Spesial

Bahan Resep Gulai Kambing Jawa

  1. 500 gr daging kambing, bersama tulang dan lemak
  2. 250 ml santan kental
  3. 1 ltr santan encer
  4. 2 btg serai, geprek
  5. 4 lbr daun salam
  6. 6 lbr daun jeruk
  7. 6 cm lengkuas, memarkan
  8. 6 cm kayu manis
  9. 5 btr cengkeh
  10. 2 btr kembang lawang
  11. 2 btr kapulaga
  12. 1 btr asam kandis
  13. 1 sdt kaldu bubuk
  14. garam secukupnya
  15. gula jawa secukupnya
  16. minyak untuk menumis
  17. bawang goreng secukupnya untuk taburan
  18. air secukupnya untuk merebus

Bumbu yang Dihaluskan

  1. 8 siung bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 8 bh cabe merah keriting
  4. 4 cm kunyit
  5. 4 cm jahe
  6. 1 sdt jintan
  7. 1 sdt lada butiran
  8. 1/3 btr biji pala

Cara Membuat Gulai Kambing Jawa Spesial

  1. Potong-potong daging kambing sesuai selera. Untuk menghindari bau prengus, daging kambing tidak boleh dicuci. Kita akan merebusnya sebagai ganti dari proses pencucian agar daging bersih dan higienis bebas dari zat pengotor.
  2. Rebus daging kambing hingga matang dan empuk. Agkat daging kambing dan tiriskan, buang air rebusannya.
  3. Rebus kembali daging kambing dengan menggunakan santan encer. Tambahkan rempah-rempah seperti kayu manis, cengkeh, kapulaga, serai, kembang lawang, asam kandis, daun salam dan daun jeruk. Rebus hingga mendidih.
  4. Di tempat terpisah, tumis bumbu halus hingga matang dan harum. Matikan api.
  5. Tuangkan tumisan bumbu pada rebusan daging kambing. Bubuhkan kaldu bubuk, garam dan gula jawa secukupnya. Aduk rata dan masak beberapa saat.
  6. Terakhir, tuangkan santan kental. Masak lagi hingga mendidih sambil terus diaduk agar santan tidak pecah. Koreksi rasanya, jika masih ada yang dirasa kurang, bisa ditambahkan lagi sesuai selera.
  7. Angkat dan hidangkan gulai kambing bersama dengan taburan bawang goreng.
>> Resep dan Cara Membuat Gulai Dengkul Padang
Bagaimana menurut kalian? Meskipun menggunakan rempah-rempah dan bumbu yang cukup kompleks, namun pada dasarnya cara membuat gulai kambing Jawa sebetulnya tidak terlalu sulit. Intinya, daging direbus dahulu hingga matang dan empuk. Bumbu-bumbunya juga harus ditumis hingga matang dan harum.

Bagi kalian yang suka pedas, pada resep gulai kambing Jawa ini bisa ditambahkan cabe rawit pada bagian bumbu halusnya. Namun ukuran resep ini juga sudah cukup pedas, karena meggunakan cabe merah keriting yang cukup banyak. Sesuaikan saja dengan selera. Selamat mencoba ya!
Resep dan Cara Membuat Gulai Kambing Jawa Spesial
4/ 5
Oleh