Resep dan Cara Membuat Puding Busa Coklat Istimewa

Resep Puding Busa Coklat - Kreasi puding berikutnya adalah puding busa coklat sederhana namun dengan hasil yang istimewa. Puding busa memiliki tekstur yang lebih lembut dengan rasa yang sedikit lebih gurih karena menggunakan bahan putih telur.

Sekilas, puding ini terlihat rumit. Namun ternyata, cara membuat puding busa coklat sebenarnya sangatlah mudah. Kuncinya terletak pada bahan putih telur yang harus dikocok hingga benar-benar mengembang dan kaku.
Resep Puding Busa Coklat, Cara Membuat Puding Busa Coklat
Puding Busa Coklat / octavianinurhasanah.net
>> Resep dan Cara Membuat Puding Coklat Susu Kental Manis
Adonan puding busa coklat dibuat seperti biasa. Yaitu campuran puding dididihkan sambil terus diaduk agar gula dan semua bahan larut sempurna. Setelah mendidih, adonan puding dibiarkan beberapa saat agar uap panasnya hilang.

Adonan puding kemudian dituangkan kedalam putih telur yang sudah dikocok terlebih dahulu. Putih telur harus dikocok hingga benar-benar mengembang sempurna agar hasilnya maksimal. Selanjutnya, kedua bahan dikocok lagi menggunakan mikser dengan kecepatan rendah hingga menyatu.

Jadi deh. Puding busa coklatnya tinggal dicetak dan didiamkan hingga agak dingin. Untuk mempercepat proses penggumpalannya, masukkan puding busa coklat kedalam lemari es. Selain itu, puding juga akan lebih nikmat disajikan dalam keadaan dingin.

Resep Puding Busa Coklat Istimewa

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat puding busa coklat sebetulnya sangatlah sederhana. Puding ini bisa dibuat dari bahan-bahan yang biasanya tersedia di rumah yaitu agar-agar, gula pasir, telur dan coklat bubuk. Sederhana bukan?

Dibawah ini, kalian bisa melihat daftar bahan yang kita gunakan untuk resep puding busa coklat istimewa kita. Simak juga cara membuat puding busa coklat melalui step by step dibawah untuk mempermudah pembuatannya.
>> Resep dan Cara Membuat Puding Roti Tawar Kukus Keju

Bahan Resep Puding Busa Coklat

  1. 1 bks agar-agar coklat / bisa juga rasa plain
  2. 100 gr gula pasir
  3. 150 ml susu kental manis coklat
  4. 50 gr coklat bubuk
  5. 3 btr putih telur
  6. 1/2 sdt vanili bubuk
  7. 450 ml air (+/- 2 gelas)

Cara Membuat Puding Busa Coklat

  1. Kocok putih telur menggunakan mikser dengan kecepatan tinggi hingga mengembang dan kaku. Kocok hingga benar-benar mengembang dan kaku ya, cirinya yaitu tidak tumpah saat wadah dimiringkan. Sisihkan.
  2. Siapkan panci, masukkan agar-agar, gula pasir, susu kental manis, coklat bubuk, vanili bubuk dan tuangkan air.
  3. Masak campuran puding diatas api sedang sambil terus diaduk-aduk hingga mendidih. Setelah mendidih, masak beberapa saat dan segera angkat. Matikan api, biarkan campuran puding beberapa saat hingga uap panasnya hilang.
  4. Tuangkan campuran puding kedalam kocokan putih telur. Mikser dengan kecepatan rendah agar semua bahan tercampur merata.
  5. Tuangkan puding kedalam cetakan. Tunggu hingga suhu puding tidak terlalu panas.
  6. Masukkan puding kedalam lemari es hingga menggumpal. Puding busa coklat nikmat disajikan dalam keadaan dingin.
>> Resep dan Cara Membuat Puding Buah Naga Merah
Ternyata, cara membuat puding busa coklat sangat gampang bukan? Tehniknya cuma terletak pada proses pengocokan putih telur hingga mengembang. Jadi untuk mendapatkan hasil terbaik, gunakan telur yang berkualitas ya, agar hasilnya lebih mengembang.

Resep puding busa coklat ini bisa kalian kreasikan sesuka hati. Seperti dibuat dengan beberapa lapisan, atau ditambahkan topping. Untuk membuat dua lapisan atau lebih, prosesnya tetap sama untuk setiap lapisannya. Selamat mencoba ya!
Resep dan Cara Membuat Puding Busa Coklat Istimewa
4/ 5
Oleh