Resep dan Cara Membuat Puding Karamel Kukus Istimewa

Resep Puding Karamel Kukus - Puding karamel yang satu ini memiliki tekstur yang sangat lembut dengan rasa yang manis legit serta gurih. Bagaimana tidak, puding karamel terbuat dari bahan utama berupa susu, gula dan telur.

Puding karamel kukus tidak menggunakan agar-agar atau tepung sebagai bahan utamanya. Penggumpalan cukup mengandalkan telur dan susu. Maka dari itu, teksturnya sangat lembut dan lumer di mulut.
Resep Puding Karamel Kukus, Cara Membuat Puding Karamel Kukus
Puding Karamel Kukus / urbansinglelady.wordpress.com
>> Resep dan Cara Membuat Puding Busa Coklat
Pada dasarnya, cara membuat puding karamel kukus bisa dibilang cukup mudah meski terdiri dari beberapa proses. Persiapannya sendiri memerlukan beberapa tahap seperti membuat karamel, membuat adonan puding dan terakhir mengukus puding hingga matang.

Persiapan dimulai dengan membuat saus karamelnya terlebih dahulu. Secara umum, karamel dibuat dengan cara memanggang gula hingga meleleh membentuk karamel. Tapi prosesnya harus hati-hati ya, salah-salah nanti karamelnya terlalu gosong dan rasanya pahit.

Selanjutnya, kita mempersiapkan adonan pudingnya. Gula kita larutkan terlebih dahulu bersama dengan susu cair. Setelah itu, barulah kita satukan dengan kocokan telur. Sampai disini, adonan telah siap.

Adonan puding tinggal dituang kedalam cetakan yang sudah diberi saus karamel terlebih dahulu. Selanjutnya puding tinggal dikukus hingga matang dan menggumpal.

Resep Puding Karamel Kukus Istimewa

Puding karamel bisa dibuat dari bahan yang sederhana. Puding ini hanya memerlukan bahan-bahan seperti gula, susu cair dan telur yang pastinya sangat mudah diperoleh dengan harga yang relatif terjangkau. Gunakan bahan yang berkualitas untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Dibawah ini adalah takaran dan daftar bahan yang kita perlukan untuk resep puding karamel kukus istimewa kali ini. Untuk mempermudah, kalian bisa mengikuti cara membuat puding karamel kukus melalui step by step yang disertakan di bawah ini. Yuk simak selengkapnya!
>> Resep dan Cara Membuat Puding Coklat Susu Kental Manis

Bahan Resep Puding Karamel Kukus

Bahan Puding

  1. 500 ml susu cair UHT
  2. 100 gr gula pasir
  3. 4 btr telur
  4. 1 sdt vanili bubuk

Bahan Caramel

  1. 100 gr gula pasir
  2. 50 ml air

Cara Membuat Puding Karamel Kukus

  1. Sebagai langkah pertama, kita akan membuat karamelnya terlabih dahulu. Siapkan panci, kemudian masukkan gula pasir bersama dengan 2 sendok makan air. Jangan banyak-banyak airnya, yang penting gula pasir basah, agar tidak gosong nantinya.
  2. Panaskan gula pasir diatas api kecil sambil diaduk-aduk hingga meleleh menjadi karamel. Tambahkan air sedikit demi sedikit menggunakan sendok untuk mencegah kegosongan. Setelah gula meleleh seluruhnya, matikan api. Sisihkan dulu sementara.
  3. Saatnya membuat adonan puding. Siapkan lagi panci, tuangkan susu cair bersama dengan gula pasir. Masak dengan api kecil sambil diaduk-aduk hingga gula larut. Jangan sampai mendidih ya, cukup sampai gulanya larut saja karena tujuannya memang cuma melarutkan gula. Diamkan campuran gula susu beberapa saat hingga agak dingin.
  4. Di wadah yang lain, kocok telur bersama dengan vanili bubuk. Kocok menggunakan mikser dengan kecepatan rendah, bisa menggunakan balloon whisk atau bisa juga menggunakan garpu, kocok hingga berbuih. Tapi jangan sampai mengembang, cukup hingga berbuih untuk memastikan kuning dan putih telurnya menyatu.
  5. Ambil campuran susu dan gula, kemudian tuangkan pada kocokan telur. Aduk hingga campuran merata. Sekarang persiapan adonan sudah selesai.
  6. Siapkan cetakan, ukurannya sesuaikan saja dengan selera atau gunakan cetakan yang tersedia. Tuangkan karamel secukupnya ke dasar cetakan, selanjutnya tuangkan adonan puding.
  7. Kukus puding selama kurang lebih 30-45 menit atau hingga puding matang sempurna. Ciri puding telah matang yaitu puding sudah menggumpal dan tidak goyang/tumpah saat digoyangkan.
  8. Angkat puding yang sudah matang, diamkan beberapa saat hingga agak dingin. Masukkan puding kedalam lemari es, sajikan puding dalam keadaan dingin.
>> Resep dan Cara Membuat Puding Roti Tawar Kukus Keju
Meskipun prosesnya melalui tiga tahap, namun pada dasarnya cara membuat puding karamel kukus ini relatif mudah. Kunci keberhasilan dari proses ini adalah persiapan adonan puding.

Pencampuran gula dan susu tidak boleh sampai mendidih, cukup sampai gulanya larut. Dan saat disatukan dengan kocokan telur, campuran gula dan susu hendaknya dalam keadaan tidak terlalu panas untuk mencegah penggumpalan telur.

Resep puding karamel kukus ini juga bisa kalian kreasikan sesuka hati. Kalian bisa memberi topping atau juga bisa menambahkan campuran bahan lain sesuai selera, seperti coklat, kopi dan sebagainya. Selamat mencoba ya!
Resep dan Cara Membuat Puding Karamel Kukus Istimewa
4/ 5
Oleh