Resep dan Cara Membuat Semur Ayam Kecap Spesial

Resep Semur Ayam Kecap Spesial - Hidangan bercita rasa kuat yang satu ini memang cukup melegenda. Kata semur sendiri diyakini berasal dari bahasa Belanda yaitu 'smoor', yang berarti daging yang dimasak lama dengan api kecil.

Semur ayam merupakan daging ayam yang dimasak bersama kecap dan bumbu-bumbu rempah. Semur dimasak dalam waktu yang cukup lama sehingga daging ayam lunak dan bumbu-bumbu meresap sempurna.
Resep Semur Ayam Kecap Spesial, Cara Membuat Semur Ayam Kecap Spesial
Semur Ayam Kecap
>> Resep dan Cara Membuat Gulai Kambing Jawa Spesial
Meskipun memerlukan waktu yang cukup lama, namun pada dasarnya cara membuat semur ayam kecap spesial tidaklah terlalu sulit. Yang penting, ada kemauan untuk belajar memasak, maka lama kelamaan akan terbiasa dan mahir.

Untuk mendapatkan cita rasa yang mantap, semur biasanya menggunakan bumbu-bumbu rempah. Namun kunci utamanya adalah proses pemasakannya. Semur dimasak selama minimal satu jam sehingga ayam menjadi empuk dan kaldunya keluar.

Langkah pertama, seperti biasa yaitu mempersiapkan bumbu-bumbu dan bahan yang kita perlukan. Rebuslah ayam terlebih dahulu hingga matang dan empuk, kemudian pisahkanlah daging ayam dari air kaldunya.

Tumis bumbu halus dan bumbu-bumbu rempah hingga matang dan beraroma harum. Selanjutnya, barulah daging ayam yang sudah direbus tadi kita masukkan bersama kecap dan tumislah beberapa saat.

Tuangkan air kaldu sisa rebusan ayam. Bubuhkan bumbu-bumbu penyedap seperti garam, gula dan kaldu bubuk. Masak semur diatas api kecil selama minimal satu jam.

Disinilah kunci keberhasilan membuat semur. Untuk mendapatkan tekstur daging yang lunak dengan bumbu-bumbu yang meresap, diperlukan waktu yang cukup lama untuk memasaknya. Memang perlu kesabaran, namun hasilnya juga setara.

Resep Semur Ayam Kecap Spesial

Daging ayam yang kita gunakan disini adalah daging ayam kampung. Tapi tidak wajib ya, daging ayam jenis apapun bisa digunakan, sesuaikan saja dengan selera. Kelebihan daging ayam kampung adalah rasanya yang lebih gurih dan tekturnya yang lebih padat.

Dan berikut ini adalah daftar bahan yang kita perlukan untuk resep semur ayam kecap spesial kali ini. Bagi kalian yang baru belajar memasak, kalian bisa simak cara membuat semur ayam kecap spesial melalui step by step yang disertakan dibawah. Yuk kita simak!
>> Resep dan Cara Membuat Opor Ayam Kuning Spesial

Bahan Resep Semur Ayam Kecap Spesial

  1. 500 gr daging ayam kampung
  2. 1 btr bawang bombay, potong dadu
  3. 2 btg daun bawang, rajang pendek
  4. 5 cm kayu manis
  5. 4 btr cengkeh
  6. 3 cm lengkuas
  7. 2 cm jahe
  8. 5 sdm kecap manis, atau secukupnya
  9. 2 sdm kecap asin, atau secukupnya
  10. gula jawa secukupnya
  11. garam secukupnya
  12. kaldu bubuk secukupnya (opsional)
  13. 800 ml air
  14. minyak untuk menumis

Bumbu Halus

  1. 6 siung bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 3 btr kemiri
  4. 2 cm kunyit
  5. 1/2 sdt lada
  6. 1/2 btr pala
  7. 1/2 sdt jintan
  8. 1/2 sdt ketumbar

Cara Membuat Semur Ayam Kecap Spesial

  1. Potong-potong daging ayam sesuai dengan selera. Cuci hingga bersih kemudian tiriskan.
  2. Rebus daging ayam hingga matang dan empuk, angkat. Pisahkan daging ayam dari air kaldu rebusannya.
  3. Tumis bumbu halus, bawang bombay, lengkuas, jahe, kayu manis dan cengkeh. Tumis hingga mengeluarkan aroma wangi.
  4. Masukkan daging ayam yang tadi kita rebus bersama dengan daun bawang. Tuangkan juga kecap manis dan kecap asin. Tumis beberapa saat hingga daun bawang layu.
  5. Tuangkan air kaldu sisa rebusan daging ayam yang tadi. Bubuhkan garam, gula jawa dan kaldu bubuk secukupnya.
  6. Agar bumbu meresap dan daging ayam lunak, tutuplah wajan / panci dan masak semur minimal selama satu jam diatas api kecil hingga air menyusut.
  7. Terakhir, cicipi rasanya. Jika ada bumbu yang kurang, tinggal tambahkan lagi secukupnya dan masak beberapa saat untuk melarutkan bumbu.
  8. Semur ayam kecap spesial kini siap disajikan.
>> Resep dan Cara Membuat Semur Tahu Tempe Lezat
Meskipun memerlukan waktu yang cukup lama, namun pada dasarnya cara membuat semur ayam kecap spesial tidaklah terlalu rumit. Proses pemasakannya sebenarnya biasa saja. Hanya saja, untuk membuat daging menjadi lunak dan bumbunya meresap sempurna, diperlukan waktu yang cukup lama.

Resep semur ayam kecap spesial kita kali ini cuma menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya. Jika suka, kalian juga bisa menambahkan kentang, tahu tempe atau telur rebus sesuai dengan selera. Yang pasti, rasanya tentu menjadi lebih mantap! Selamat mencoba ya!
Resep dan Cara Membuat Semur Ayam Kecap Spesial
4/ 5
Oleh