Resep dan Cara Membuat Puding Lumut Hijau Pandan

Resep Puding Lumut Hijau Pandan - Varian puding yang satu ini memang sedang populer. Karena selain rasanya enak dan teksturnya yang lembut, puding lumut juga memiliki tampilan yang unik dan menarik.

Dinamakan puding lumut karena memang sangat mirip dengan lumut, mulai dari warna hingga penampakannya. Warna hijaunya diperoleh dari sari pandan dan daun suji, atau terkadang ditambah pasta pandan untuk memperkuat aroma dan warna.
Resep Puding Lumut Hijau Pandan, Cara Membuat Puding Lumut Hijau Pandan
Puding Lumut / cookpad.com, putridhwina
>> Resep dan Cara Membuat Puding Karamel Kukus Keju
Seperti resep kita kali ini, kita akan membuat puding lumut hijau dengan aroma pandan. Cara membuat puding lumut hijau pandan ini sangatlah mudah. Karena pada dasarnya, puding lumut tidak jauh berbeda dengan puding busa. Yuk simak selengkapnya!

Resep Puding Lumut Hijau Pandan

Agar lebih sehat, alangkah baiknya kita menggunakan pewarna hijau alami yang biasa didapatkan dari daun suji dan daun pandan. Boleh juga menggunakan pasta pandan, asal takarannya tidak berlebihan.

Untuk mendapatkan warna hijau yang lebih cerah, kita bisa menambahkan pasta pandan disamping menggunakan sari pandan/daun suji. Dengan begitu, bisa didapat aroma yang kuat dan warna yang menarik.

Yuk simak, bahan apa saja yang perlu kita persiapkan untuk resep puding lumut hijau pandan ini. Simak juga cara membuat puding lumut hijau pandan melalui step by step yang bisa kita simak di bawah ini!
>> Resep dan Cara Membuat Puding Busa Coklat Istimewa

Bahan Resep Puding Lumut Hijau Pandan

  1. 1 bks agar-agar putih plain
  2. 125 gr gula pasir, atau sesuai selera
  3. 10 lbr daun suji, rajang pendek
  4. 10 lbr daun pandan wangi, rajang pendek
  5. 400 ml air (+/- 2 gelas)
  6. 1 btr telur, kocok lepas
  7. 1 sdt pasta pandan
  8. 1/2 sdt garam
  9. 450 ml santan

Cara Membuat Puding Lumut Hijau Pandan

  1. Sebagai langkah pertama, kita persiapkan sari pandan dan daun suji terlebih dahulu. Blender potongan daun suji dan daun pandan dengan 2 gelas air. Blender hingga lumat, kemudian saring dan ambil airnya saja.
  2. Siapkan panci, masukkan semua bahan mulai dari sari daun pandan/suji, gula pasir, bubuk agar-agar, pasta pandan, garam, telur dan santan. Aduk merata.
  3. Panaskan adonan puding diatas api sedang. Aduk-aduk terus hingga adonan mendidih dan pastikan semua bahan sudah larut. Sambil diaduk, nanti akan kelihatan gumpalan berwarna hijau yang terbentuk perlahan-lahan.
  4. Setelah adonan puding mendidih, kecilkan api. Biarkan beberapa saat, jangan diaduk-aduk hingga gumpalan berwarna hijau terbentuk semakin banyak dan terpisah dari air. Air juga akan tampak semakin bening.
  5. Matikan api. Diamkan puding beberapa saat hingga uap panasnya hilang.
  6. Tuangkan puding kedalam cetakan dan biarkan hingga dingin dan menggumpal.
  7. Setelah cukup dingin, masukkan kedalam lemari es agar lebih cepat menggumpal dan memadat.
>> Resep dan Cara Membuat Puding Buah Naga Merah Spesial
Gampang bukan? Selain menarik dan lezat, puding lumut juga bisa dibuat dengan bahan-bahan sederhana. Jadinya lebih ekonomis namun hasilnya enak, menarik dan menggugah selera. Selamat mencoba ya!
Resep dan Cara Membuat Puding Lumut Hijau Pandan
4/ 5
Oleh