Resep dan Cara Membuat Opor Ayam Kuning Spesial untuk Lebaran

Resep Opor Ayam Kuning Spesial - Kalian tentu sudah tidak asing dengan opor ayam kuning bukan? Masakan yang satu ini memang sangat populer di negara kita, terutama pada saat lebaran tiba.

Biasanya, opor ayam disajikan bersama dengan ketupat lebaran. Masakan yang menurut sejarah berasal dari daerah Jawa ini sangat nikmat dengan cita rasa yang gurih dan tekstur daging ayam yang empuk.
Resep Opor Ayam Kuning Spesial, Cara Membuat Opor Ayam Kuning Spesial
Opor Ayam Kuning / dapuraliffa.blogspot.com
>> Resep dan Cara Membuat Gulai Kambing Jawa Spesial
Nah, bagi kalian yang belum tahu cara membuat opor ayam kuning spesial, kita akan membahasnya kali ini. Opor ayam cukup mudah dibuat, kita akan membahasnya langkah demi langkah.

Sebagai langkah pertama, seperti biasa kita melakukan persiapan seperti memotong daging ayam dan membersihkannya. Menghaluskan bumbu-bumbu serta mempersiapkan bahan-bahan lain juga peralatan masak yang diperlukan.

Tumis bumbu halus hingga matang dan harum. Selanjutnya, masukkan ayam bersama dengan serai, daun salam, daun jeruk dan lengkuas. Tumis beberapa saat hingga daging ayam berubah warna. Tujuannya, agar bumbu-bumbu bisa meresap kedalam daging ayam.

Setelah daging ayam berubah warna, tuangkan santan encer. Bubuhkan bumbu-bumbu seperti kaldu bubuk, garam dan gula secukupnya. Diperkirakan saja ya, nanti juga kita cek lagi rasanya.

Masak hingga mendidih dan daging ayam menjadi setengah matang. Jika ingin menambahkan telur rebus dan kentang, masukkan saat ayam setengah matang. Kemudian masak lagi selama kurang lebih setengah jam atau hingga kentang empuk dan daging ayam matang sempurna.

Setelah ayam matang, cicipi lagi rasanya. Tambahkan bumbu-bumbu yang dirasa kurang. Terakhir, tuangkan santan kental dan masaklah hingga mendidih sambil diaduk-aduk agar santan tidak pecah. Opor ayam spesialnya udah jadi deh!

Resep Opor Ayam Kuning Spesial Lebaran

Opor ayam bisa dibuat dengan bahan utama berupa daging ayam saja. Namun, ada juga yang menggunakan bahan tambahan seperti kentang, tahu dan telur rebus. Tentunya semua kembali kepada selera masing-masing ya.

Disini kita menggunakan bahan tambahan berupa kentang dan telur rebus. Namun ini tidak wajib, jika tidak suka, tinggal skip saja bahannya dan proses memasaknya pun menjadi lebih simpel.

Berikut ini adalah daftar bahan-bahan yang kita perlukan untuk resep opor ayam kuning spesial. Dibawah ini juga disertakan cara membuat opor ayam kuning spesial melalui step by step untuk lebih memudahkan. Yuk simak!
>> Resep dan Cara Membuat Gulai Dengkul Spesial

Bahan Resep Opor Ayam Kuning Spesial

  1. 500 gr daging ayam, potong sesuai selera
  2. 5 btr telur ayam rebus (opsional)
  3. 3 btr kentang potong dadu (opsional)
  4. 250 ml santan kental
  5. 500 ml santan encer
  6. 2 btg serai, memarkan
  7. 3 lbr daun salam
  8. 5 lbr daun jeruk purut
  9. 4 cm lengkuas, memarkan
  10. 1 sdt kaldu bubuk (opsional)
  11. gula secukupnya
  12. garam secukupnya
  13. bawang goreng secukupnya untuk taburan
  14. minyak goreng untuk menumis

Bumbu Halus

  1. 8 siung bawang merah
  2. 6 siung bawang putih
  3. 5 btr kemiri
  4. 3 cm kunyit
  5. 2 cm jahe
  6. 1 sdt ketumbar
  7. 1/2 sdt lada/merica
  8. 1/2 sdt jintan

Cara Membuat Opor Ayam Kuning Spesial

  1. Potong-potong daging ayam sesuai selera kemudian cuci hingga bersih. Sisihkan.
  2. Panaskan minyak goreng di wajan, tumis bumbu halus hingga matang dan harum.
  3. Masukkan ayam bersama dengan serai, daun salam, daun jeruk dan lengkuas. Tumis ayam beberapa saat hingga daging ayam berubah warna.
  4. Tuangkan santan encer, kaldu bubuk, garam dan gula secukupnya. Masak beberapa saat hingga ayam setengah matang.
  5. Jika ingin menambahkan kentang dan telur rebus, masukkan saat ayam setengah matang. Masak lagi selama kurang lebih 30 menit atau hingga kentang dan ayam matang sempurna dan teksturnya empuk.
  6. Cicipi rasanya, jika ada yang kurang maka bisa ditambahkan sesuai dengan selera.
  7. Terakhir, tuangkan santan kental. Masak hingga mendidih sambil terus diaduk agar santan tidak pecah.
  8. Hidangkan opor ayam kuning bersama taburan bawang goreng.
>> Resep dan Cara Membuat Udang Asam Manis Pedas
Bagaimana, cara membuat opor ayam kuning spesial ternyata cukup mudah bukan? Kunci keberhasilannya terletak pada saat menumis bumbu dan juga lama waktu pemasakan. Pastikan daging ayam matang sempurna agar empuk dan baunya tidak amis.

Resep opor ayam kuning spesial ini juga bisa kalian kreasikan. Jika suka pedas, tambahkan cabe merah keriting dan cabe rawit pada bumbu yang dihaluskan. Dijamin rasanya lebih mantap! Selamat mencoba ya!
Resep dan Cara Membuat Opor Ayam Kuning Spesial untuk Lebaran
4/ 5
Oleh